Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 September 2015

Resep Membuat Colenak Khas Purwakarta

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Colenak Khas Purwakarta - Colenak atau singkatan dari dicocol enak adalah makanan khas Purwakarta, Jawa Barat. Makanan ini berasal dari daerah di Purwakarta yang bernama bendul. Kuliner khas bendul tersebut terbuat dari tape singkong atau orang Purwakarta lebih sering menyebutnya peuyeum. Memilih tape yang bagus (tidak memakai tape yang berwarna kuning) adalah salah satu rahasia kekhasan rasanya. Tape yang kemudian digoreng atau dibakar tersebut disajikan di piring dan diguyur dengan gula merah yang sudah dicampur kacang halus dan kelapa. Untuk memberikan kelezatan yang berbeda, Anda bisa memberi taburan keju parut dan coklat. Hmm, dijamin kenikmatannya akan membikin Anda ketagihan.

Selain di Purwakarta, ada juga olahan colenak ini. Dimana? Di rumah Anda lah. Kalau Anda sudah kepengen merasakannya, tidak perlu ditahan lagi. Biarkan rasa penasaran Anda terpuaskan oleh resep colenak khas Purwakarta. Namun, Anda tidak hanya membaca resepnya saja. Akan tetapi, mempraktekkannya juga supaya Anda tidak ngiler membayangkan bagaimana rasanya. Lagipula dengan adanya resep colenak khas Purwakarta ini, Anda bisa membuang semua kesulitan dan menggantinya dengan kegembiraan. Karena colenak akan dengan segera tersaji di meja makan Anda.

Colenak Khas Purwakarta
Colenak Khas Purwakarta
Cara membuatnya sangat mudah dan praktis. Bahan yang diperlukan juga tidak banyak, bisa menghemat waktu Anda untuk belanja tentunya. Untuk membuatnya agar khas Purwakarta, Anda cukup memperhatikan resep colenak khas Purwakarta dan membacanya sampai selesai. Ikuti semua instruksi yang ada agar tidak bingung.

Bahan:

  • ½ kg tape singkong (peuyeum)
  • 10 gram margarin

Bahan Untuk Saus:

  • ¼ sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan, ikat
  • 150 gram gula merah yang disisir halus
  • 300 ml santan dari ½ butir kelapa
  • 100 gram kelapa muda yang diserut panjang

Cara Mengolah:

  1. Langkah pertama adalah memipihkan tape singkong.
  2. Setelah semuanya pipih, bakar di bara api sambil diolesi margarin sampai warnanya kecoklatan

Cara Membuat Saus atau Siraman:

  1. Didihkan santan, daun pandan, gula merah dan garam sambil diaduk supaya larut dan tercampur
  2. Tambahkan kelapa muda dan aduk rata sampai kental
  3. Angkat dan tuang ke dalam mangkuk

Untuk menyajikan colenak adalah, menata tape di piring saji dan kemudian disiram dengan saus sampai semua bagiannya kena. Agar rasanya bisa membuat lidah Anda bergoyang, tambahkan juga keju atau cokelat parut. Hmm, pasti sedap menggoda. Baca Juga : Resep Membuat Nasi Timbel Ciganea Khas Purwakarta

Gampang, bukan membuatnya? Karena ada resep colenak khas Purwakarta membuat olahan ini menjadi lebih simple pembuatannya. Anda yang semula tidak pernah memasak olahan ini, jadi tahu bagaimana cara membuatnya. Pelajaran yang didapat dari resep colenak khas Purwakarta dapat Anda bagi kepada keluarga dan teman-teman Anda. Agar mereka juga bisa membuat camilan khas Purwakarta tersebut dengan hasil yang memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D