Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 09 September 2015

Resep Membuat Enting-Enting Khas Salatiga

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Enting-Enting Khas Salatiga – Siapa tahu enting-enting gepuk? Ya, jajanan itu berasal dari Salatiga, Jawa Tengah. Sebenarnya, makanan ini dibuat pertama kali oleh seorang imigran asal China yang bernama Khoe Tjong Hok. Jaman dulu sekali, masih dibungkus dengan kelobot, kulit jagung. Jajanan ini sangat terkenal di Salatiga, bahkan menjadi makanan yang khas di kota itu. Di toko oleh-oleh banyak menjual jajanan ini. Tidak sulit untuk menemukannya kalau Anda berkunjung ke Salatiga. Rasanya yang khas dan manis inilah yang membuat banyak orang mengidolakan makanan ini.

Enting-Enting Khas Salatiga
Enting-Enting Khas Salatiga
Anda pasti tidak mau ketinggalan untuk mencobanya. Dengan hanya beberapa ribu rupiah saja Anda sudah bisa membawa pulang enting-enting untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Namun, kalau setiap ke Salatiga harus membelikan oleh-oleh tersebut, bisa habis uang saku Anda. Makanya resep enting-enting khas Salatiga membagi ilmunya untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa membuat jajanan ini di rumah sebagai ganti oleh-oleh yang tidak Anda beli. Karena cara membuatnya pun sangat simpel, Anda pasti bisa.

Membuat enting-enting gepuk tidak boleh asal walaupun mudah untuk mengolahnya. Kacang tanah yang digepuk sampai hancur itu misalnya, itu juga tidak bisa ngawur. Kalau Anda ngawur, hasilnya juga tidak sempurna bahkan bisa mengecewakan. Lebih-lebih kalau kacangnya tidak hancur, pasti akan mengeluarkan minyak serta tidak bisa bertahan lama. Kalaupun bertahan lama dapat dipastikan akan berbau tengik. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk mengikuti resep enting-enting khas Salatiga.

Karena membuatnya sangat gampang, Anda juga harus tetap memperhatikan instruksi yang ada agar hasilnya tidak membuat Anda kecewa. Semua sudah terangkum dalam resep enting-enting khas Salatiga, jadi jangan khawatir.

Bahan:

  • 1000 gram kacang tanah
  • ½ kg gula merah
  • ½ kg gula pasir
  • Air secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Plastik

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menggoreng sangrai kacang sampai matang. Lalu tumbuk kasar atau jangan terlalu halus
  2. Campur gula merah, gula pasir, air dan vanili secukupnya. Rebus sampai mendidih sembari diaduk-aduk agar larut dan rata
  3. Kemudian kecilkan api ketika akan memasukkan kacang yang sudah ditumbuk. Aduk-aduk sampai rata dan tercampur. Angkat.
  4. Ambil loyang yang sudah dilapisi plastik dan diolesi minyak secukupnya. Tuangkan adonan yang sudah jadi tersebut dan ratakan. Usahakan jangan terlalu tebal, cukup tipis saja asal memiliki ketebalan yang sama dengan yang lain (rata)
  5. Dinginkan adonan dalam loyang tersebut selama beberapa menit. Lalu potong-potong dengan bentuk persegi sesuai selera.
  6. Tata di piring saji. Dan hidangan enting-enting siap untuk dinikmati.

Sama dengan kue jipang, Anda juga bisa mengemas enting-enting ini di dalam plastik agar lebih nikmat saat mengkonsumsinya. Sensasi saat membuka plastik dan mencium aroma dari enting-enting itu sendirilah yang membuat menyantap jajanan ini jadi lebih nikmat. Demikianlah resep enting-enting khas Salatiga.

Semoga Anda bisa menerapkan langkah-langkahnya dengan mudah dan selamat menikmati. Baca Juga : Resep Membuat Buntil Khas Kebumen

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D