Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 10 September 2015

Resep Membuat Getuk Khas Magelang

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Getuk Khas Magelang – Getuk asale soko telo. Ya, benar, getuk memang berasal dari singkong sebagai bahan bakunya. Makanan yang disajikan dengan parutan kelapa ini memang memiliki rasa yang khas. Enak sekali, itulah komentar orang yang merasakan kenikmatannya. Seperti cenil, getuk juga banyak dijual di pasar tradisional dengan harga yang sangat murah. Bisa dijadikan sarapan pagi, nih. Istimewa sekali kalau sarapan dengan getuk. Lagipula makanan ini juga sangat mengenyangkan seperti nasi. Untuk mengganti menu sarapan juga sangat cocok pula.

Sebetulnya di Jawa Timur juga ada getuk. Tentunya Magelang memiliki resep getuk khas Magelang yang berbeda dan khas dengan daerah asalnya. Tetap saja, kekayaan kuliner di Indonesia, dimanapun daerahnya harus dilestarikan. Salah satunya seperti getuk, kuliner yang sudah ada sejak jaman dulu. Nenek-kakek Anda pasti tahu makanan lezat ini. Hei, Anda pun bisa mengenang masa-masa mereka dengan membuatnya melalui resep getuk khas Magelang, lho. Karena membuatnya sangat mudah, dijamin Anda akan bisa mengolahnya. Hidangan istimewa ini bisa Anda olah menjadi sangat menarik kalau menambahkan pewarna makanan secukupnya. Anak-anak pasti suka dan tertarik.

Getuk Khas Magelang
Getuk Khas Magelang 
Anda hanya perlu memperhatikan setiap kalimat yang ada dalam resep getuk khas Magelang supaya pembuatannya tidak menimbulkan kesulitan apapun. Sangat gampang memahami resep ini asal Anda benar-benar berminat untuk membuatnya.

Bahan:

  • 500 gram singkong, kupas dan potong
  • 150 gram gula jawa atau gula pasir
  • ½ buah kelapa, diparut dan dikukus
  • ½ sendok teh garam dapur
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kupas kulit singkong dan cuci sampai bersih. Potong-potong dengan ukuran kurang lebih 5-6 cm
  2. Rebus singkong dengan air sampai benar-benar matang. Dinginkan atau angin-anginkan sampai uap rebusannya hilang
  3. Kemudian campurkan singkong dengan gula dan garam secukupnya. Hancurkan sampai lumat atau tumbuk saja agar lebih gampang.
  4. Beri pewarna makanan secukupnya bila suka
  5. Siapkan piring dan sajikan getuk di atasnya dengan parutan kelapa
  6. Getuk siap dihidangkan

Ada banyak warna pada getuk yang sering kita temukan. Namun, agar warna tersebut alami, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami pula. Seperti contoh berikut ini. Untuk membuat getuk putih, gunakan saja gula pasir. Apabila Anda menginginkan warna merah atau coklat, gunakan gula merah untuk membuatnya. Lain lagi dengan warna hijau, gunakan saja air perasan daun suji. Akan tetapi, getuk yang sering kita temukan di pasar lebih dominan dengan warna merah kecoklatan. Itu semua sebenarnya sesuai selera Anda untuk membuatnya asal menggunakan resep getuk khas Magelang. Baca Juga : Resep Membuat Gudeg Koyor Khas Semarang

Bagaimana hidangan Anda? Tidak mengecewakan bukan? Pastinya, karena dengan resep getuk khas Magelang bisa menciptakan hidangan dengan penuh keistimewaan. Tetap cintai dunia masak dan cobalah resep-resep lainnya!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana