Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 September 2015

Resep Membuat Gula Cakar Khas Majalengka

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Gula Cakar Khas Majalengka – Anda sudah siap dicakar? Atau Anda takut untuk dicakar-cakar? Kalau dicakar dengan yang manis-manis, sih pastinya mau. Bagaimana tidak mau, kalau yang mencakar lidah Anda adalah makanan yang satu ini. Makanan khas Majalengka yang diberi nama gula cakar ini berbahan dasar gula pasir dan soda kue serta pewarna yang membuat tampilan atau presentasinya menjadi menarik. Sebenarnya Anda bisa saja membuat gula cakar ini dengan warna aslinya (tanpa diberi pewarna). Akan tetapi, untuk membuatnya lebih khas dari daerah asalnya dan memberikan tampilan menarik, pewarna sangat dibutuhkan.

Orang Majalengka sudah semestinya tahu makanan ini. Makanan yang bisa disediakan sebagai sajian lebaran ini banyak digemari dan dijadikan oleh-oleh. Tapi, bagi Anda yang jauh dari Majalengka dan ingin sekali menikmati makanan ini sebagai camilan di waktu senggang, tidak perlu repot-repot ke sana. Resep gula cakar khas Majalengka akan membantu Anda menyajikan hidangan tersebut dalam sekejap. Hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang simple dan praktis serta mengkitu tata caranya, gula cakar akan terhidang di hadapan Anda.

Gula Cakar Khas Majalengka
Gula Cakar Khas Majalengka 
Cara membuat jajanan ini sangatlah mudah bila Anda mengikuti resep gula cakar khas Majalengka dengan benar. Maka dari itu, jangan lewatkan setiap kata dan kalimatpun dalam resep ini agar membuatnya juga tidak keteteran.

Bahan:

  • 5 kg gula putih atau gula pasir
  • 1 sendok makan vanili bubuk
  • 5 sendok teh soda kue
  • Pewarna makanan sesuai selera (bisa warna apa saja)
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan panci dan isi dengan air untuk merebus
  2. Tambahkan gula pasir atau gula putih ke dalam wadah yang sudah diisi air
  3. Masukkan soda kue dan pewarna makanan dengan warna sesuai selera Anda. Bisa kuning, merah muda, atau hijau
  4. Masak sampai mendidih sambil sesekali diaduk agar tercampur dengan rata. Lalu angkat setelah memadat
  5. Taruh di loyang dan potong-potong selagi masih hangat agar tidak keras
  6. Hidangkan di piring saji dan tata dengan rapi.
  7. Gula cakar siap untuk disajikan

Gula cakar lebih nikmat dihidangkan pada saat Anda ngopi atau ngeteh. Gigit gula cakarnya lalu hirup kopi atau teh Anda. Pasti sangat nikmat dihidangkan saat Anda berkumpul bersama keluarga dan mengobrol bersama. Gula cakar ini akan menemani Anda selagi mendengarkan keluarga Anda mengobrol sembari bercanda. Jika Anda sedang bekerja, sempatkanlah untuk mengopi dan sediakan pula camilan ini. Asal jangan terlalu banyak memakannya, ya. Karena mengkonsumsi gula dengan porsi yang banyak juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Apalagi bagi Anda yang memiliki resiko kencing manis atau diabetes. Tetap simpan resep gula cakar khas Majalengka ini agar di waktu lainnya Anda bisa membuatnya kembali. Baca Juga : Resep Membuat Pindang Tetel Khas Majalengka

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana