Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 16 September 2015

Resep Membuat Horok-Horok Khas Jepara

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Horok-Horok Khas Jepara – Di Jepara ada makanan yang bernama unik, yaitu horok-horok. Makanan berbentuk butiran-butiran kecil yang memiliki rasa kenyal dan gurih ini sangat mudah untuk ditemukan karena di setiap pasar tradisional Jepara, pasti ada saja pedagang yang menjualnya. Harganya pun sangat murah, sekitar Rp500-Rp1.000,- saja. Makanan ini biasa dinikmati oleh warga sekitar pada pagi dan siang hari, sekitar pukul 06.00 sampai pukul 12.00. Kenapa banyak orang yang mengkonsumsinya sebagai sarapan pagi? Sebab makanan ini memiliki karbohidrat yang tinggi seperti nasi.

Horok-horok terbuat dari olahan pohon aren. Masyarakat sekitar biasa menyantapnya sebagai lauk tambahan untuk makan nasi dan makanan lainnya. Bahkan, horok-horok juga bisa dibuat minuman, yaitu wedang horok-horok. Anda bisa membuat hidangan ini dengan resep horok-horok khas Jepara di rumah tanpa harus menuju ke kota asalnya, yaitu Jepara.

Horok-Horok Khas Jepara
Horok-Horok Khas Jepara 
Cara membuat horok-horok ini sangatlah mudah. Anda pasti bisa mengolahnya di rumah dengan gampang. Hanya perlu memahami resep horok-horok khas Jepara saja. Walaupun membuatnya membutuhkan waktu yang lumayan lama, Anda harus bersabar agar hidangan yang tersaji bisa membuat Anda puas. Simak kelanjutan resep berikut ini.

Bahan Horok-horok:

  • Garam secukupnya
  • Tepung aren secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Lalu baru melakukan prosesnya yang lumayan lama, kurang lebih dua hari.
  2. Cuci tepung aren secukupnya, kemudian baru dikeringkan.
  3. Setelah sudah kering, sangrai selama beberapa menit.
  4. Kemudian kukus tepung aren tersebut sampai matang.
  5. Tuang ke dalam tempayan dan aduk dengan sisir.
  6. Proses selanjutnya adalah pengerukan sagu dari batang aren. Lalu cuci kembali.
  7. Selanjutnya adalah mengeringkan tepung tersebut dengan bantuan abu di atas adonan
  8. Kukus kembali sampai benar-benar kering dan membentuk gumpalan-gumpalan kecil.
  9. Ulangi pengukusan ini selama beberapa kali hingga membentuk gumpalan kristal yang terasa kenyal.
  10. Angkat dan sajikan di piring saji yang sudah dilapisi daun pisang.
  11. Taburi garam dan hidangan horok-horok siap dinikmati.

Nikmati horok-horok bersama bakso, sate kikil dan nasi pecel sebagai lauk tambahannya. Pasti sangat nikmat sekali. Jika Anda baru mencoba membuatnya dan berhasil, semoga lain kali bisa membuatnya lagi dengan resep horok-horok khas Jepara ini, tentunya rasanya akan lebih memuaskan. Apalagi resep horok-horok khas Jepara akan membantu Anda menghidangkannya dengan baik. Baca Juga : Resep Membuat Sup Udang Khas Jepara

Bagi Anda yang memiliki warung, bisa mencoba membuat horok-horok sebagai menu baru agar pembeli di warung Anda juga ikut mencobanya. Tetap semangat dalam berwirausaha, ya! Sekian resep horok-horok khas Jepara. Jangan dihapus, ya. Simpan saja di bookmark Anda. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana