Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 September 2015

Resep Membuat Kue Ali Agrem Khas Karawang

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Ali Agrem Khas Karawang – Kue cincin atau kue ali agrem adalah kue yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. Kue yang bentuknya mirip donat ini dibuat dari bahan utama tepung beras dan gula merah. Kenikmatan rasanya yang membuat kangen ini dijual di penjual makanan seperti pujasera di sekitar kota asalnya. Di kota lain juga ada yang menjual olahan ini dengan nama dan bentuk yang berbeda. Rasanya yang manis dan menggoyang lidah membuat penikmatnya semakin banyak dan merasa ketagihan.

Sajian ini sangat cocok disantap sebagai teman ngopi Anda bersama keluarga. Anda juga bisa menyajikan dengan bubuk gula putih atau cream susu sebagai tambahan. Gigitan pertama, kedua, ketiga dan berikutnya akan membuat Anda melayang dan ingin menambah terus sampai rasa penasaran Anda terpuaskan. Karena di Karawang sendiri kue ini mudah didapatkan, Anda tidak perlu khawatir. Tapi, kalau di kota Anda tidak menjualnya? Cara satu-satunya yang harus Anda lakukan adalah membuatnya sendiri dengan resep kue ali agrem khas Karawang.

Kue Ali Agrem Khas Karawang
Kue Ali Agrem Khas Karawang 
Cara membuat kue cincin ini tidaklah sulit karena bahan-bahannya sudah tersedia dalam resep kue ali agrem khas Karawang. Siapkan semua bahannya dan ikuti semua instruksinya.

Bahan:

  • ½ kg tepung beras
  • 150 gram kelapa setengah tua yang dikupas dan diparut
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram gula merah yang disisir
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh vanili bubuk
  • 300 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sangrai kelapa sampai berwarna kecoklatan dan kering
  2. Kemudian panas dan didihkan air. Masukkan gula merah, garam dan vanili. Aduk sampai merata dan mendidih serta gula larut.
  3. Angkat dan kemudian saring
  4. Tuang ke dalam tepung beras selagi masih panas sambil diuleni agar tercampur rata
  5. Tambahkan gula pasir dan kelapa yang sudah disangrai. Aduk sampai adonan kalis. Diamkan dalam wadah selama kurang lebih 12 jam
  6. Setelah 12 jam, ambil adonan dan bentuk bulat serta beri lubang tengahnya menyerupai donat atau cincin.
  7. Panaskan minyak dan goreng kue tersebut sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang. Tiriskan
  8. Siapkan piring saji dan tata kue ali di atasnya.
  9. Kue ali agrem khas Karawang siap dihidangkan

Anda pasti tidak akan kecewa dengan hasilnya berdasarkan resep kue ali agrem khas Karawang di atas. Karena rasanya yang manis dan lembut tersebut akan menemani saat-saat santai Anda bersama keluarga. Untuk penyajian yang lebih sehat, pada saat meniriskan kue yang sudah digoreng, biarkan sampai minyak benar-benar menetes. Atau Anda bisa menggunakan tissue makanan agar minyaknya meresap di sana. Sebab, kalau mengkonsumsi makanan dengan minyak yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Baca Juga : Resep Membuat Gegeplak Khas Karawang

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D