Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 09 September 2015

Resep Membuat Kue Lupis Khas Kebumen

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Lupis Khas Kebumen – Kuliner Jawa memang terkenal dengan manisnya, terutama Jawa Tengah. Tidak heran jika Kebumen memiliki kuliner dengan nama kue lupis ini. Kue ini terbuat dari ketan yang kemudian disiram dengan gula aren. Sangat manis, bukan. Lelehannya itu, lho yang membuat air liur Anda tidak bisa berhenti menetes. Begitu sedapnya sehingga ketika gigitan pertama, orang tidak akan bisa lupa. Kekenyalannya juga turut menjadi daya tarik tersendiri. Kue yang sudah ada sejak jaman dulu ini sering dijual di pasar tradisional dan memiliki penggemar yang tidak hanya dari kota asalnya, melainkan dari kota lain juga.

Aromanya yang khas juga selalu membuat para penikmatnya kangen. Jadi, tunggu apa lagi? Bagi Anda yang belum pernah mencicipi kue lupis, tidak usah khawatir karena resep kue lupis khas Kebumen akan terhidang di meja makan rumah Anda sebagai camilan di waktu santai. Bagaimana itu bisa terjadi? Tentu dengan cara mengolahnya di dapur Anda. Dengan resep kue lupis khas Kebumen, olahan Anda akan tetap memiliki rasa yang sama dengan kuliner aslinya. Percaya saja, karena Anda adalah koki yang hebat di keluarga Anda. Pastinya akan bisa menyajikan hidangan yang hebat pula.

Kue Lupis Khas Kebumen
Kue Lupis Khas Kebumen
Membaca resep kue lupis khas Kebumen sangat perlu dilakukan. Karena kalau Anda membaca dan memahaminya, akan semakin mudah untuk membuat olahan dari bahan ketan tersebut.

Bahan:

  • ¼ kg ketan putih
  • Daun pandan secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • 1 sendok makan air kapur sirih
  • 125 gram gula aren
  • Kelapa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rendam ketan putih selama beberapa saat. Sisihkan.
  2. Kemudian parut kelapa kukus dengan daun pandan dan garam
  3. Lalu cuci ketan yang sudah selesai direndam dan tiriskan
  4. Campurkan ketan dengan air kapur sirih sampai merata
  5. Bungkus ketan yang sudah dibentuk sesuai selera dengan daun pisang. Rebus sampai benar-benar matang

Cara Membuat Cincau:

  1. Panaskan air sampai mendidih bersama gula aren.
  2. Aduk-aduk gula aren tersebut sampai teksturnya mengental

Kue lapis siap untuk disajikan. Cara menyajikannya adalah sebagai berikut. Buka kue lupis dari kulitnya. Kemudian tata di piring. Taburkan kukusan kelapa tadi di atas kue lupis. Jangan lupa untuk menuangkan cincau di atasnya. Lelehan cincau akan membuat rasa lupis menjadi manis ketika digigit. Baca Juga : Resep Membuat Kue Jipang Khas Kebumen

Resep kue lupis khas Kebumen sangat mudah dipahami, bukan? Setelah membuatnya, Anda bisa menyajikan hidangan ini untuk camilan di waktu santai atau disuguhkan pada tamu yang datang ke rumah Anda. Pasti akan sangat nikmat kalau disantap bersama orang terkasih. Jangan lupa untuk membagi-bagi ilmunya kepada orang lain, ya. Agar mereka juga hebat seperti Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D