Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 14 September 2015

Resep Membuat Kue Mino Nopia Khas Banyumas

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kue Mino Nopia Khas Banyumas – Kue mino biasa disebut dengan kue nopia. Kenapa dinamakan mino? Karena mino merupakan singkatan dari mini nopia, yang berarti kue nopia dengan ukuran yang lebih kecil. Jajanan ini berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Dengan nama yang begitu unik seperti nama orang, kue ini juga memiliki keunikan bentuk. Bentuk kue nopia adalah seperti telur putih atau telur ayam kampung. Rasanya jangan ditanya lagi, tentu enak dan lezat. Kalau Anda belum pernah mencobanya, akan sangat menarik jika melihat ekspresi Anda mencobanya pertama kali. Pasti ingin menambah, bukan? Karena rasanya yang begitu lembut dan nendang di lidah inilah yang membuat Anda seperti itu.

Seperti kue-kue di daerah lain, kue nopia atau mino pun tidak kalah untuk membagikan resep kue mino nopia khas Banyumas. Buat para ibu yang doyan membuat kue dan jajanan, bisa dicoba resep ini sebagai pembelajaran tingkat lanjut. Karena, mau tidak mau kan Anda harus belajar memasak kue agar nantinya bisa membahagiakan orang tercinta. Walaupun sebenarnya tidak hanya kue saja. Anda juga harus bisa memasak makanan lainnya yang juga berasal dari Indonesia tentunya.

Kue Mino Nopia Khas Banyumas
Kue Mino Nopia Khas Banyumas 
Nah, silahkan Anda baca kelanjutan resep kue mino nopia khas Banyumas agar bisa mengetahui lebih lanjut tentang bahan dan cara pembuatannya.

Bahan Isian:

  • 800 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 kg gula merah atau gula Jawa, iris atau sisir
  • 100 gram coklat bubuk
  • 65 gram susu kental manis
  • 33 gram margarine
  • 150 gram air
  • Minyak secukupnya

Bahan Untuk Kulit:

  • 1 ½ kg terigu protein sedang
  • 375 gram gula pasir
  • Air secukupnya
  • Vanili secukupnya
  • Minyak secukupnya

Cara Membuat:

  1. Buat isian dengan cara menghaluskan gula merah (ditumbuk) sampai halus dan tidak terdapat butiran-butirannya.
  2. Campur gula yang sudah halus dengan terigu dan bahan-bahan isian lainnya. Aduk merata, agar semua rasanya bisa tercampur merata pula. Lalu diamkan beberapa saat sampai agak keras.
  3. Olesi minyak di permukaan adonan isi, kemudian diamkan. Sisihkan.
  4. Untuk membuat kulit, mixer semua bahan kulit atau bisa juga diuleni sampai kalis dan rata. Diamkan selama lima belas menit.
  5. Kemudian timbang menjadi 10 gram tiap adonannya. Diamkan selama 10 menit.
  6. Pipihkan bahan untuk kulit, lalu isi dengan adonan isian tadi. Setelah itu, bentuk menjadi bulat. Rekatkan sampai matang agar tidak merekah saat di oven.
  7. Siapkan loyang dan tata adonan di atasnya. Panaskan oven dengan api bawah dan oven selama 20-25 menit.
  8. Angkat kemudian sajikan di piring saji.
  9. Hidangan siap untuk dinikmati.

Benar-benar mudah, bukan jika mengikuti resep kue mino nopia khas Banyumas? Sangat simple dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk membuatnya. Setelah itu, Anda sudah bisa menikmati kue nopia dengan keluarga dan teman-teman di waktu ngeteh. Rasakan manisnya campuran isi dengan gurihnya kulit nopia. Hmm, sudah tidak sabar untuk menggigitnya. Baca Juga : Resep Membuat Tempe Mendoan Khas Banyumas

Itulah resep kue mino nopia khas Banyumas, semoga hidangan Anda sesuai dengan harapan. Agar tidak bingung, luangkan waktu untuk memahami resep, ya. Siapa tahu lain waktu Anda ingin membuatnya lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana