Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 September 2015

Resep Membuat Opak Ketan Khas Karawang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Opak Ketan Khas Karawang – Anda ingin nutrisi karbohidrat terpenuhi? Ada makanan yang memiliki nutrisi ini, lho. Rasa dari makanan ini sangat enak pula. Gurih dan renyah seperti kerupuk. Bedanya kalau kerupuk menggunakan tepung tapioka, tapi kalau opak berbahan dasar tepung beras ketan. Makanan yang bernama opak ini adalah jajanan khas Jawa Barat, tepatnya Karawang. Opak sendiri memiliki dua macam rasa, yaitu asin dan manis. Pas sekali untuk menjamu tamu atau dijadikan cemilan di waktu santai.

Ingin merasakan kerenyahan camilan ini? Cukup dengan beberapa ribu rupiah saja untuk membelinya di toko makanan terdekat di kota Anda. Tapi, jika ingin dijadikan oleh-oleh, daripada membelinya dalam jumlah banyak dan menghabiskan isi dompet Anda, lebih baik membikinnya sendiri di rumah. Anda tinggal menyiapkan toples atau plastiknya saja sebagai pembungkus. Dijamin hidangan Anda akan sama rasanya dengan yang ada di toko-toko. Resep opak ketan khas Karawang kali ini menyuguhkan opak dengan rasa asin.

Opak Ketan Khas
Opak Ketan Khas 
Penasaran ingin membuatnya? Sangat mudah untuk membuat jajanan khas Karawang yang satu ini. Selain itu tidak begitu banyak menyita waktu Anda. Resep opak ketan khas Karawang akan memberikan bahan-bahan dan langkah-langkahnya yang mudah sekali diterapkan.

Bahan:

  • 1 kg tepung beras ketan
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 2 butir buah kelapa yang diparut

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua bahan jadi satu dalam sebuah wadah dan aduk sampai tercampur rata
  2. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai selera Anda. Kemudian bulatan tersebut bisa Anda pipihkan sampai tipis
  3. Jemur adonan yang sudah dipipihkan sampai benar-benar kering
  4. Setelah kering, pangang di atas bara api dan tunggu sampai matang sambil dibolak balik. Hal itu bertujuan agar tidak gosong dan supaya renyah.
  5. Diamkan sampai dingin lalu masukkan ke dalam toples
  6. Opak ketan siap disajikan sebagai cemilan

Menyantap opak ketan ini bisa dilakukan dengan mencocolkannya pada sambal. Anda juga bisa menggunakan coklat cair sebagai bahan cocolannya. Jajanan kaya karbohidrat tersebut sangat cocok dan pas untuk cemilan keluarga atau hidangan lebaran. Seperti kerupuk, jangan masukkan ke dalam toples jika masih panas. Dinginkan terlebih dahulu. Karena jika langsung dimasukkan ke dalam toples, opak akan menjadi lembek dan tidak renyah. Resep Membuat Kue Semprong Khas Karawang

Resep opak ketan khas Karawang ini bisa dikreasikan dengan berbagai rasa. Anda juga bisa menambahkan pewarna untuk membuat tampilannya lebih menarik. Warna apa saja, asal tetap pewarna makanan. Jangan pewarna yang mengandung bahan berbahaya. Bagaimana? Mudah sekali bukan mengikuti resep ketan khas Karawang ini? Sangat praktis dan tidak membuat Anda kerepotan. 

Semoga hidangan Anda tetap memuaskan dan membuat keluarga Anda di rumah senang, ya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D