Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 08 September 2015

Resep Membuat Petis Kangkung Khas Semarang

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Petis Kangkung Khas Semarang – Tidak asing dengan dengan sayuran yang satu ini kan? Ya, benar, kangkung. Sayuran yang biasa ditemukan di parit dan sawah ini memang bisa diolah menjadi apa saja. Mulai dari sayur kangkung, rujak petis, oseng, dan petis kangkung. Petis kangkung merupakan makanan khas Semarang, Jawa Tengah dengan bahan utama sayuran tersebut serta petis. Rasanya yang unik dan menggoyang lidah dapat dijadikan teman makan nasi yang sempurna. Apalagi kalau pedas dan dimakan saat perut sedang lapar.

Menu sederhana ini banyak dijual di rumah makan Semarang dan penikmatnya juga tidak sedikit. Merupakan variasi yang menarik bagi penggemarnya. Karena selama ini mereka hanya tahu bahwa kangkung hanya dioseng atau ditumis. Meskipun begitu, rasanya tetap sama enaknya, kok. Anda juga jangan kalah untuk mencobanya. Kalau tidak sempat ke Semarang, bisa membuatnya di rumah. Dengan bahan yang sederhana dalam resep petis kangkung khas Semarang, dijamin Anda akan mudah membuatnya.

Petis Kangkung Khas Semarang
Petis Kangkung Khas Semarang 
Olahan sederhana ini dibuat dengan gampang dan tidak menyita waktu. Melalui resep petis kangkung khas Semarang, Anda akan disajikan bagaimana cara membuatnya supaya efisien.

Bahan:

  • 2 ikat kangkung
  • Sambal petis
  • Mentimun secukupnya, iris tipis
  • Tahu gorengTempe goreng


Bumbu Halus:

  • 3 sendok makan petis udang
  • Terasi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • ½ butir bawang putih
  • ½ butir jeruk sambal
  • ½ sendok makan gula jawa
  • 1 sendok makan air matang atau air asam
  • Cabe merah atau cabe rawit sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kangkung. Kemudian rebus sampai setengah matang (yang penting jangan terlalu matang) Tiriskan.
  2. Iris tipis-tipis timun. Iris juga tahu dan tempe goreng seukuran dadu

Cara Membuat Sambal:

  • Haluskan semua bumbu untuk membuat sambal. Aduk dan campur sampai merata.

Cara Menyajikan:

  1. Campur kangkung dengan sambal. Letakkan di piring saji dan beri irisan timun di atasnya
  2. Tambahkan tempe dan tahu goreng yang sudah diiris.
  3. Sajian siap dinikmati.

Anda juga bisa menggunakan tahu dengan ukuran besar yang sudah diisi petis sebelumnya. Nikmati kelezatannya bersama keluarga Anda di rumah. Anak-anak pasti suka, asal jangan menambahkan cabai dalam jumlah yang banyak. Apakah resep petis kangkung khas Semarang cukup membantu Anda?

Karena kangkung banyak ditemukan di parit-parit, akan banyak kuman yang menempel. Walaupun tidak terlihat kotor, Anda harus mencucinya dengan benar-benar bersih agar terhindar dari kuman penyakit. Bukankah kesehatan merupakan harta terbesar bagi Anda dan keluarga? Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan higienis, kesehatan akan selalu mendampingi Anda. 

Selamat menikmati hidangan petis kangkung dan jangan lupa simpan resep petis kangkung khas Semarang agar Anda tidak perlu mencarinya lagi. Baca Juga : Resep Membuat Nasi Pindang Khas Semarang

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana