Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 18 September 2015

Resep Membuat Sate Ayam Khas Blora

Advertisement
Advertisement

Resep Sate Ayam Khas Blora – Sate ayam Blora memang sudah terkenal di daerah sekitar di Jawa Tengah. Rembang juga memiliki sate khasnya, namun bedanya jika di Rembang tidak seperti sate ayam pada umumnya yang menggunakan bumbu kacang cokelat. Sate ayam rembang berwarna oranye karena bumbu pendampingnya berasal dari sisa rebusan daging ayam tersebut. Beda halnya dengan sate ayam Blora. Meskipun memiliki bentuk dan bumbu yang hampir sama dengan sate pada umumnya, namun rasanya sangat khas dan berbeda.

Di Blora sendiri, olahan ini banyak dijual di pinggir jalan dan warung-warung makan sekitar. Dengan harga seporsi yang lumayan murah jika dibandingkan dengan rasanya yang khas, Anda tidak akan rugi membelinya. Meskipun begitu, jika sudah bisa membuatnya sendiri di rumah, Anda akan lebih bangga lagi. Ada resep sate ayam khas Blora yang akan menuntun Anda membuat hidangan istimewa untuk keluarga tersebut. Sangat mudah dan dapat diterapkan oleh siapapun, baik itu pemula maupun yang sudah ahli memasak.

Sate Ayam Khas Blora
Sate Ayam Khas Blora 
Cara membuatnya sangat praktis karena bumbu dan bahannya mudah didapatkan. Anda tidak perlu khawatir, sebab resep sate ayam khas Blora tetap berada di layar smartphone Anda.

Bahan dan Bumbu:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 gelas air
  • 1 lembar daun pepaya, potong
  • ½ sendok teh garam

Bumbu Kacang:

  • ½ sendok teh garam
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 3 buah cabai rawit, haluskan
  • 1 gelas air panas
  • ¼ kg kacang tanah, kupas

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daging ayam setelah memotong-motongnya sesukuran kecil. Kemudian ungkep dengan air garam beserta daun pepaya selama beberapa menit. Sisihkan
  2. Sementara itu, sangrai kacang tanah yang sudah dikupas dan kemudian haluskan
  3. Angkat dan tiriskan daging ayam yang sudah diungkep.
  4. Tusuk menggunakan tusuk sate yang sudah disiapkan
  5. Campurkan semua bumbu kacang dan aduk-aduk sampai merata.
  6. Lumurkan bumbu tersebut pada sate ayam yang sudah ditusuki.
  7. Bakar sate sampai warnanya kuning kecoklatan. Angkat
  8. Sajikan di piring saji
  9. Sate ayam khas Blora siap dinikmati

Resep sate ayam khas Blora di atas dapat menghasilkan 16 tusuk sate. Kalau Anda ingin sate dalam jumlah yang banyak, bisa menambahkan takaran bahan dan bumbunya. Tambahkan kecap dan bawang goreng untuk taburan sebagai penyedap rasa. Sate yang nikmat tersebut bisa dikonsumsi bersama nasi putih atau jika ada, bisa menggunakan lontong saja. Baca Juga : Resep Membuat Rawon Khas Blora

Sangat simple, bukan membuatnya? Hal itu karena adanya resep sate ayam khas Blora yang menemani dan memandu Anda membuatnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D