Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 12 September 2015

Resep Membuat Sate Bebek Khas Sumpiuh

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sate Bebek Khas Sumpiuh – Sate bebek memang tidak se populer sate ayam. Dimanapun kita berada pasti disiti ada penjual sate ayam, khususnya di Indonesia. Meskipun begitu, jika daging bebek diolah menjadi sate juga tidak mengecewakan, bahkan rasanya bisa menandingi sate ayam itu sendiri. Mulai dari teksturnya yang memang berbeda, dan bumbu-bumbu yang digunakan itulah yang membuat sate bebek rasanya endos menggoyang lidah. Apalagi kalau dimakan bersama lontong dan siraman sambal yang banyak. Akan menambah cita rasanya yang sebelumnya sudah enak menjadi tambah enak lagi.

Di Sumpiuh sendiri, hidangan ini sudah mendunia. Sering dipakai untuk menyuguhi tamu di acara pertemuan, syukuran, arisan dan lain sebagainya. Bagaimana di daerah Anda? Apakah juga ada sate bebek? Jika tidak ada, Anda tak perlu berkecil hati. Karena namanya kuliner di suatu daerah kan belum tentu ada di daerah lain. Solusi buat Anda adalah membaca resep sate bebek khas Sumpiuh agar bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau sudah dapat mengolahnya kan Anda tidak akan terbayang-bayang kota Sumpiuh dan sate ini.

Sate Bebek Khas Sumpiuh
Sate Bebek Khas Sumpiuh 
Cara membuat sate bebek berdasarkan resep sate bebek khas Sumpiuh tidak terlalu susah untuk diterapkan. Malah sangat mudah jika diperhatikan langkah-langkah dan bahannya. Bagi Anda yang merupakan pemula, jangan khawatir. Karena resep sate bebek khas Sumpiuh akan memandu kerja Anda.

Bahan:

  • 2 kg daging bebek
  • 2 siung bawang putih
  • 15 buah bawang merah
  • 15 buah cabai merah
  • Minyak sayur secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Asam jawa secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pisahkan daging bebek dari tulangnya, kemudian cuci bersih.
  2. Potong daging dengan ukuran kecil sesuai selera Anda. Lalu letakkan pada satu wadah.
  3. Goreng semua bumbu sampai setengah matang, kecuali merica, garam, gula merah dan asam.
  4. Haluskan bumbu tersebut bersama minyak gorengnya
  5. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam daging tadi. Diamkan selama 4 jam
  6. Tusuk daing dengan tusuk sate, jumlah sesuai selera Anda
  7. Bakar di bara api sambil dibolak-balik sampai matang
  8. Hidangan siap disajikan

Daging bebek tua (jika Anda menggunakan yang tua) itu memiliki bau yang amis. Untuk menghilangkan baunya tersebut, Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebelum mengolahnya. Lumurkan pada daging bebek kemudian diamkan selama beberapa menit. Selain untuk menghilangkan bau amisnya, jika dilumuri dengan jeruk nipis juga akan membikin hidangan jauh lebih sedap ketika diolah. Bagi Anda yang menggunakan daging bebek muda, tidak apa-apa. Namun, jangan menyesal, ya kalau dagingnya sedikit. Sudah selesaikah memasaknya dengan resep sate bebek khas Sumpiuh? Sajikan dengan sambal kacang jauh lebih nikmat. Beri juga taburan bawang goreng di atasnya. Hmm, sudah tidak sabar mencicipinya.

Itulah resep sate bebek khas Sumpiuh. Nantikan resep-resep lainnya dan jangan lupa untuk tetap berkreasi dengan hidangan Anda. Salam koki! Baca Juga : Resep Membuat Bakmi Nyemek Khas Sumpiuh

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana