Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 08 September 2015

Resep Membuat Soto Sadang Khas Karawang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Soto Sadang Khas Karawang – Sadang merupakan daerah yang ada di kota Karawang. Di sana ada makanan khas yang diberi nama sama dengan nama daerah asalnya, yaitu soto sadang. Soto yang memiliki rasa asam dan gurih ini sangat segar sekaligus membikin ketagihan. Per porsinya, biasanya disajikan daging sapi atau ayam dalam jumlah yang banyak. Kuahnya bening dan terkesan seperti acar yang diberi kuah ketika pertama kali melihatnya. Disajikan saat cuaca dingin sangat nikmat, nih.

Sebenarnya soto sadang memiliki banyak persamaan dengan soto lainnya. Hanya saja yang berbeda adalah bahan dan takarannya saja. Karena soto memiliki dua jenis, yaitu soto kental dan soto bening hal ini menjadi perbandingan berapa banyak orang yang menyukai soto tersebut masing-masing. Akan tetapi, kesegaran sotonya yang menggugah selera tidak akan bisa Anda lupakan dan dijamin membikin kangen sewaktu-waktu, tidak kalah dengan soto kental. Buat Anda para penikmat soto, rugi kalau belum mencoba soto yang satu ini. Soto sadang khas Karawang. Kalau Anda ingin mencobanya tapi tidak mau ke kota asalnya, cukup baca resep soto sadang khas Karawang ini sampai selesai dan buat hidangan sendiri di rumah.

Soto Sadang Khas Karawang
Soto Sadang Khas Karawang 
Ikuti resep soto sadang khas Karawang supaya pembuatannya lebih gampang dan tidak membuang-buang waktu. Sebab, hanya di waktu liburan ini lah Anda bisa membuatnya untuk menu makan siang. Di lain waktu kalau sudah kepingin, pasti tidak sempat. Makanya baca dengan teliti dan cermat, ya.

Bahan:

  • ¼ kg daging sapi (bisa diganti dengan daging ayam, sesuai selera Anda)
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 2 batang daun bawang, iris
  • Seledri secukupnya
  • 2 buah tomat, potong besar
  • Kaldu secukupnya (bisa menyesuaikan apa dagingnya)
  • 1 buah jeruk nipis
  • Emping atau kerupuk

Cara Membuat:

  1. Cuci daging dan rebus sampai empuk serta matang. Angkat dan biarkan beberapa saat sampai dingin
  2. Potong kotak-kotak kecil sesuai selera atau bisa juga disuwiri
  3. Panaskan air dan masukkan bawang merah dan bawang putih
  4. Masukkan juga daging yang telah dipotong-potong, tomat, daun bawang, garam dan kaldu sapi ke dalam rebusan tadi. Aduk pelan sampai meresap bumbunya. Masak sampai matang
  5. Kalau sudah matang, tuang kaldu dan daging ke dalam mangkuk saji.
  6. Agar lebih nikmat, sajikan bersama seledri dan perasan jeruk nipis di atasnya.

Memakan soto memang lebih komplit jika diberi tambahan lauk seperti perkedel den jeroan ati. Anda juga bisa menambahkan telur rebus. Jangan lupa tambahkan kecap dan sambal agar hidangan soto sadang menjadi lebih segar dan nikmat. Baca Juga : Resep Membuat Soto Tangkar Khas Karawang

Sekian resep soto sadang khas Karawang. Jangan hapus resep ini dan tetap simpan di bookmark Anda. Karena sewaktu-waktu, Anda pasti akan membutuhkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D