Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 22 Oktober 2015

Resep Membuat Jaja Bikang

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Jaja BikangIndonesia adalah negara yang sangat kaya akan wisata. Wisata yang ada tak hanya budaya, wisata alam, dan dan wisata pertunjukan. Tapi wisata kuliner tak kalah beragamnya. Wisata kuliner di negara kita amat banyak. Mulai dari makanan daerah yang berbeda dari daerah satu dengan daerah lain. Makanan yang berlemak, makanan manis, makanan pedas, dan beragam jajanan tradisional. Makanan yang ada di Indonesia pada umumnya adalah resep tradisi yang turun menurun dari nenek moyang. Tak kalah menariknya dengan jajanan atau kudapan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Kudapan asli Indonesia memang sangat banyak, dan sangat unik serta menarik.

Salah satu jajanan khas Indonesia adalah jaja bikang, jaja bikang adalah salah satu panganan yang mirip bunga mekar. Warna jaja bikang ada yang berwarna warni, merah, hijau, putih, atau pink, atau campuran. Jaja bikang ini merupakan makanan tradisi yang memiliki rasa manis dan lezat. Namun kadang kala kita membeli dengan tampilan yang wah ternyata rasanya kurang, ada pula yang memiliki cita rasa enak namun penampilannya kurang meyakinkan.

Jaja Bikang
Jaja Bikang
Jaja bikang sangat digemari untuk menemani minum kopi atau teh, paling pas saat sore hari sambil menikmati waktu bersama keluarga dan teman. Rasanya yang legit dan empuk cocok sekali untuk bersantai. Atau bagi ibu yang punya hajatan juga recommended memilih jaja bikang untuk snack. Untuk itu, lebih baik untuk mempelajari resep dan cara membuat jaja bikang tradisional ini, karena lebih irit dan memakai bahan yang aman serta sesuai dengan selera kita.

Untuk memulai bisa menjadi ahli pembuat jajanan tradisional diperlukan latihan yang tak Cuma sekali, tapi harus berkali-kali. Langsung saja kita simak uraian tentang resep jaja bikang berikut:

Bahan:

  • 300 gr tepung beras
  • 500 mililiter santan yang berasal dari 2 butir kelapa segar
  • 2 sdm tepung terigu
  • 150 gr gula pasir
  • 6 sendok makan santan kental, dari kelapa diatas
  • Pewarna hijau
  • Pewarna merah
  • Vanili

Cara pembuatan jaja bikang

  1. Masukkan tepung beras dan dicampur dengan santan kental, lalu dijerang diatas api sampai meletup-letup.
  2. Masukkan ke dalam adonan, tepung terigu, gula pasir dan juga sisa tepung beras yang kemudian diuleni dengan sisa tepung beras tadi adona dipukul sampai kalis sekitar lima menit dan didiamkan beberapa menit.
  3. Adonan tadi dibentuk sesuai selera dan ditambahkan pewarna.
  4. Panaskan cetakan jaja bikang sampai pada suhu yang panas. Masukkan adonan jaja bikang dan tunggu sampai agak gosong dan berlubang.
  5. Setelah gosong, cungkil jaja bikang dan agar tetap terasa empuk bawah bikang diberi santan.

Baca Juga : Resep Membuat Nasi Tumpeng Khas Jogja
Demikian resep membuat jaja bikang. Semoga dapat menginspirasi anda, dan tetap membuat makanan tradisi agar tetap lestari.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana