Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 22 Oktober 2015

Resep Membuat Jaja Klepon Kuliner Tradisional

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Jaja Klepon Kuliner Tradisional - Kuliner di negara Indonesia memang tak ada habisnya untuk dieksplor keberagaman dan citarasanya. Banyak sekali makanan tradisional maupun makanan daerah yang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Makanan Indonesia yang sudah sangat terkenal dan sangat digemari banyak orang asing adalah bakso, nasi goreng, mie ayam, dan sate. Makanan tersebut mungkin sudah merupakan makanan nasional yang pasti ada hampir dimana saja di Indonesia. Itupun masih ada banyak ragamnya. Misalnya bakso sapi, bakso rusuk, bakso ayam, dan bakso kikil. Ada sate kambing, sate sapi, sate lilit, sate Madura, sate Kudus, sate Maringgi, dan banyak lagi. Pokonya makanan Indonesia adalah surge bagi pecinta kuliner.

Salah satu makanan yang sudah legendaries di Indonesia adalah makanan tradisional. Makanan tradisional yang kini sudah mulai ditinggalkan adalah jajanan tradisional atau jajanan pasar. Jajanan pasar yang cukup digemari salah satunya jajanan pasar, yakni kudapan kecil yang banyak dijual dipasar tradisional. Namun akibat perkmbangan zaman, jajanan tradisional semakin ditinggal karena dianggap ribet dalam membuat, dianggap sudah kuno, dan rasanya kalah dengan jajanan modern seperti brownies dan lain lain.
Jaja Klepon
Jaja Klepon
Jajanan pasar yang sepertinya masih cukup eksis dan masih banyak penggemarnya adalah jaja klepon. Jaja klepon rasanya sangat unik, yakni kenyal dan ada sauus gulanya. Jaja klepon masih banyak ditemui di kota Solo. Kota Solo masih menjadi primadona bagi pecinta jajanan tradisional. Jaja klepon cukup murah bahkan dihargai cukup murah. Bagi ibu-ibu yang suka memasak jajanan wajib mencobanya. Jaja klepon sangat pas untuk camilan sambil nonton tv atau sekadar bersantai bersama keluarga. Jaja klepon juga cukup mengenyangkan.

Jaja klepon adalah kudapan dengan bentuk bulat yang berwarna hijau segar dengan taburan parutan kelapa di luarnya. Selain itu jaja klepon di dalamnya ada saus gula merahnya. Ada dua versi jaja klepon, yang pertama jaja klepon yang bersal dari ketan dan juga dari ubi. Jaja klepon ini sangat mudah dibuat dan tak menguras kantong. Langsung saja kita simak resep membuat jaja klepon berikut ini:

Bahan:

  • Tepung beras sebanyak 50 gram dan pilih merk yang sudah terpercaya. Hal ini memengaruhi kualitas klepon.
  • Pasta hijau rasa pandan secukupnya.
  • Tepung ketan 250 gram.
  • 200 gram gula merah.
  • Garam dapur secukupnya.
  • Air matang.
  • Daun pandan seperlunya.
  • Kelapa parut .
  • Air kapur

Cara membuat:

  1. Endapkan air kapur agar terpisah dari kapurnya.
  2. Masukkan tepung beras, garam, tepung ketan, dan pasta dengan air.
  3. Bentuk bulat sesuai dengan selera.
  4. Masukkan potongan gula merah ke dalam bentuk bulatan.
  5. Kukus sampai matang dengan air yang diberi pandan.
  6. Taburi dengan parutan kelapa.

Baca Juga : Resep Membuat Kue Yangko Khas Jogja
Sekian info tentang resep membuat jaja klepon. Semoga dapat membantu anda dalam berinovasi memasak. Sajikan makanan tradisi yang merupakan warisan nenek moyang.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D