Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 22 Oktober 2015

Resep Membuat Jaja Sumping Makanan Khas Bali

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Jaja Sumping Makanan Khas Bali - Bali sebagai pulau yang menjadi destinasi wisata karena terdapat banyak lokasi wisata alam yang memukau, juga karena keunikan dan keragaman budaya dan kulinernya. Kuliner Bali beraneka ragam, dari makanan hingga jajanan tradisional khas Bali. Makanan-makanan khas Bali tersebut juga menjadi bagian wisata kuliner para wisatawan.

Jajanan khas Bali yang unik salah satunya adalah jaja sumping. Jajanan ini merupakan jajanan tradisional Bali. Tampilan jaja sumping sangat sederhana, dengan bahan dasar yang sangat sederhana, namun memiliki cita rasa yang luar biasa. Jaja sumping khas Bali yang banyak dikenal adalah sumping waluh yang berbahan dasar waluh. Waluh adalah labu kuning.

Jaja Sumping
Jaja Sumping
Mungkin jika Anda yang sudah pernah berkunjung ke Bali pasti sudah mencicipi jajanan ini. Jika dilihat dari tampilannya sekilas seperti nagasari (jajanan tradisional di Jawa) karena menggunakan bungkus berupa daun pisang. Keduanya pun ada kemiripan dari cara pembuatannya yakni sama-sama dikukus, hanya ada sedikit perbedaan pada bahan dasar saja. Jadi Anda bisa bayangkan kemanisan sumping khas Bali ini. Rasanya yang manis dalam balutan daun pisang pasti akan menggoda lidah untuk mencoba merasakannya.

Namun Anda tidak harus berkunjung ke Bali untuk dapat merasakan kelezatan jaja sumping ini. Karena Anda dapat membuat jajanan tradisional ini di rumah Anda sendiri. Bahan-bahan untuk membuat jajanan Bali ini juga mudah didapat dan cara membuatnya pun sangat mudah, jadi Anda tidak akan merasakan kesulitan ketika akan membuat jaja sumping ini. Berikut resep dan cara membuat sumping waluh yang dapat Anda praktikkan di rumah.

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  • 400 gram tepung beras
  • 400 gram labu kuning (waluh)
  • 200 gram gula pasir
  • Setengah gelas air panas
  • Sepertiga kelapa setengah tua, kemudian parut dengan arah memanjang (disawut)
  • Garam secukupnya
  • Siapkan juga daun pisang beberapa helai kemudian sobek kira-kira sejengkal tangan orang dewasa, kemudian bersihkan.

Cara membuat kue sumping waluh

  1. Kupas labu kuning, cuci bersih. Kemudian parut labu kuning tersebut memanjang dengan parut sawut.
  2. Taburkan sedikit garam pada parutan labu kuning parut tersebut, diamkan selama 15 menit. Kemudian peras parutan labu tersebut.
  3. Kemudian buat adonan dengan memasukkan tepung beras bersamaan dengan air panas yang telah disiapkan, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan parutan kelapa, labu ke dalam adonan tepung beras, aduk jadi satu. Masukkan juga gula pasir dan garam secukupnya, aduk lagi sampai merata.
  5. Bungkus adonan dengan daun pisang, seperti bungkusan nagasari, untuk ukurannya tergantung selera Anda.
  6. Jika sudah matang angkat sumping waluh, sajikan pada piring.

Baca Juga : Resep Membuat Jadah Tempe Khas Sleman
Untuk saran penyajian sumping waluh lebih baik sajikan tetap dalam keadaan terbungkus daun pisang agar aroma khas daun pisang menambah kelezatan cita rasa sumping dan sajikan selagi hangat. Apalagi jika ditemani secangkir teh hangat, kenikmatan sumping kian terasa mantab.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana