Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 12 Oktober 2015

Resep Membuat Jenang Waluh Khas Rembang

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Jenang Waluh Khas Rembang – Ada jenang ketan, ada pula jenang waluh. Jenang atau dodol waluh ini merupakan makanan khas Rembang yang dibuat dari waluh atau labu kuning. Makanan ini biasa dihidangkan bersama uli ketan atau jadah yang sudah diolah bersama kelapa. Rasanya yang khas dan nikmat membuat penggemarnya tidak kalah banyak dengan jenang ketan. Apalagi jenang waluh yang dimakan bersama jadah ini dijual di berbagai tempat, terutama di pasar tradisional. Jadi tidak akan sulit untuk menemukannya.

Untuk Anda penggemar jenang yang belum mencicipi makanan ini, Anda belum ketinggalan. Silahkan membuat sendiri dengan resep jenang waluh khas Rembang yang mungkin akan membuat Anda berinovasi serta berkreasi di dapur. Cara membuatnya cukup mudah jika Anda memahaminya dengan benar. Karena bahan-bahan dalam resep jenang waluh khas Rembang juga mudah sekali ditemukan. Anda tidak akan khawatir lagi untuk mengolahnya dengan mudah.

Jenang Waluh Khas Rembang
Jenang Waluh Khas Rembang 
Di bawah ini merupakan bahan, bumbu dan langkah-langkah untuk menciptakan jenang atau dodol dari resep jenang waluh khas Rembang versi Anda. Tenang saja karena rasa yang diciptakan sama sekali tidak akan berubah dari aslinya.

Bahan dan Bumbu:

  • ½ kg labu kuning, kukus selama beberapa saat
  • ¼ gram gula aren
  • ¼ sendok teh garam
  • 100 ml air legen
  • 1 sendok makan tepung kanji

Bahan Untuk Membuat Jadah:

  • 100 gram kelapa muda, parut kasar
  • 150 gram beras ketan putih, rendam selama 2 jam
  • 100 ml air
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Jenang:

  1. Aduk rata semua bahan jenang, kemudian masak hingga matang dan adonan menjadi kalis. Gunakan api kecil saja sambil diadu-aduk adonannya.
  2. Angkat dan sajikan di wadah atau mangkuk.

Cara Membuat Jadah:

  1. Rebus air dan garam sampai mendidih lalu masukkan kelapa parut dan beras ketan. Aduk-aduk sampai terserap bumbunya dan tercampur rata
  2. Kukus jadah tersebut selama 25-30 menit atau sampai matang
  3. Angkat dan tumbuk sampai halus. Setelah itu letakkan di loyang dan padatkan.
  4. Potong-potong jadah selanjutnya bungkus menggunakan daun pisang
  5. Taruh di piring saji

Sajikan jenang dan jadah pada piring saji kemudian silahkan dinikmati bersama keluarga tercinta. Membuatnya sangat gampang, bukan? Jika Anda telaten pasti akan dapat menghidangkan sajian dengan resep jenang waluh khas Rembang tersebut. Lebih nikmat jika disantap saat santai atau saat perut lapar di siang hari. Dijamin akan kenyang.
Baca Juga : Resep Membuat Jenang Grendul Khas Jogja

Semoga resep jenang waluh khas Rembang benar-benar membantu Anda dalam menyajikannya. Mohon maaf apabila ada salah kata atau mungkin Anda kurang mengerti di bagian tertentu. Selamat memasak dan salam koki! Teruslah berlatih memasak!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana