Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 18 Oktober 2015

Resep Membuat Krasikan Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Krasikan Khas Jogja – Krasikan adalah makanan tradisional yang populer di kalangan masyarakat Jogja. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan lezat. Sebenarnya krasikan itu mirip dengan jenang atau dodol, hanya saja dodol memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Sedangkan krasikan memiliki tekstur kenyal dan sedikit kasar. Anda bisa menemukan makanan ini di pasar tradisional yang ada di Jawa Tengah yang dijual bersama jadah dan jenang. Dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp2.000,- Anda sudah bisa menikmati krasikan ini.

Bagi Anda yang sebelumnya pernah mencoba kue krasikan ini, pasti di lain waktu akan merindukannya. Jika hal itu terjadi, dan Anda sedang berada di laur Jogja, Anda pasti ingin segera membelinya. Tapi, kalau di daerah Anda tidak menjual makanan tersebut, Anda bisa membuatnya di rumah dengan resep krasikan khas Jogja ini.
Krasikan Khas Jogja
Krasikan Khas Jogja
Anda penasaran bukan bagaimana cara membuatnya? Simak kelanjutan resep krasikan khas Jogja yang ada di bawah ini.

Bahan:

  • ½ ml santan dari 1 butir kelapa
  • 300 gram beras ketan
  • ¼ kg gula merah, sisir halus
  • 1 butir kelapa, parut
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama setelah menyiapkan semua bahan adalah mencuci beras ketan sampai bersih. Kemudian tiriskan
  2. Lalu sangrai beras ketan tersebut sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan dinginkan. Setelah itu tumbuk agak halus
  3. Berikutnya sangrai kelapa yang sudah diparut dan ditumbuk sampai halus hingga warnanya berubah
  4. Ambil wadah untuk mencampurkan gula merah yang sudah disisir, garam secukupnya dan juga santan. Rebus sampai mendidih dan gula menjadi larut
  5. Selanjutnya saring dan masak kembali. Didihkan sambil memasukkan beras ketan yang sudah disiapkan dan kelapa parut. Aduk sampai kering
  6. Angkat dan tuang dalam cetakan atau loyang. Rata dan padatkan.
  7. Kalau sudah dingin, baru Anda bisa memotongnya dengan ukuran sesuai selera.
  8. Sajikan krasikan di piring saji dan nikmati bersama kawan-kawan.

Krasikan memang sangat pas untuk disantap di sore hari ketika keluarga berkumpul sehabis bekerja. Kebersamaan yang Anda rasakan bersama mereka akan komplit karenanya. Bayangkan kalau tidak ada makanan yang sering Anda rindukan ini? Oleh karena itu, Anda telah berjasa karena sudah membuatnya dengan resep krasikan khas Jogja seperti yang ada di atas. Nah, jangan lupa membuat teh hangat untuk menemaninya.
Baca Juga : Resep Membuat Nasi Kucing Khas Jogja

Buat Anda yang sedang membuatnya dengan resep krasikan khas Jogja, semoga berhasil dan sesuai dengan harapan. Yang terpenting, Anda harus memperhatikan setiap langkah yang ada di dalamnya. Supaya anggota keluarga senang dengan sajian yang Anda hadirkan. Selamat menyajikannya dan salam koki! Terus berlatih, ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D