Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 28 Oktober 2015

Resep Membuat Kue Apon-Apon Khas Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Apon-Apon Khas Banyuwangi – Indonesia memang kaya akan sajian kue yang manis, seperti jemblem, nagasari, dadar gulung dan lain sebagainya. Salah satu yang manis dan memiliki kekhasan rasa adalah kue apon-apon ini. Makanan ini berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Selain karena rasanya yang manis tersebut, kue apon-apon juga digemari karena harganya yang murah di pasaran. Anda bisa memborongnya untuk oleh-oleh keluarga di rumah, kalau begitu.

Nah, jika Anda suka memasak, kenapa tidak membuatnya dengan resep kue apon-apon khas Banyuwangi yang sudah tersedia? Dengan begitu, Anda bisa memamerkannya kepada anggota keluarga lainnya, kan? Di samping rasanya yang nikmat itu, proses pembuatannya pun sangat sederhana. Penasaran? Baca kelanjutan resep kue apon-apon khas Banyuwangi ini.
Kue Apon-Apon Khas Banyuwangi
Kue Apon-Apon Khas Banyuwangi
Bahan:

  • 250 gram gula merah
  • 500 gram tepung tapioka
  • ½ potong kelapa
  • Vanili secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sebelum membuat apon-apon, Anda harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Peralatan tersebut adalah panci, baskom, saringan, piring dan capit makanan.
  2. Setelah itu, ambil 1 ons tepung tapioka dan larutnya dengan air panas. Air panasnya jangan terlalu banyak
  3. Lalu ambil lagi 4 ons tepung tapioka dan larutkan dengan air biasa. Aduk sampai menjadi satu adonan dengan menambahkan garam serta vanili juga.
  4. Buat adonan dengan tekstur sedang, yang penting jangan terlalu encer dan terlalu kaku agar mudah dibentuk
  5. Kalau sudah merata, baru ratakan dan cetak sesuai selera. Beri pewarna makanan yang Anda inginkan, seperti merah muda atau hijau
  6. Lalu rebus adonan tersebut selama kurang lebih beberapa menit saja
  7. Angkat satu persatu. Jangan sampai adonan lengket dengan yang lainnya. Tiriskan dan sisihkan
  8. Parut kelapa yang sudah Anda siapkan tadi dan juga saus gula merahnya dengan cara merebus gula merah sampai kental
  9. Sajikan kue apon-apon di atas piring saji bersama parutan kelapa dan saus gula merah
  10. Kue apon-apon siap dinikmati

Begitu kenyal dan nikmat rasanya, bahkan sampai menggugah selera siapapun yang lewat di dekatnya. Itulah kue apon dengan kreasi dari resep kue apon-apon khas Banyuwangi yang melegenda sejak dulu. Karena Anda sudah bisa membuatnya di rumah, Anda tidak perlu cemas lagi kalau ingin membuat camilan. Kenapa? Sebab, proses pembuatan kue ini sangat mudah dan cepat. Bayangkan saja, proses merebus adonannya juga hanya 3-5 menit saja. Seperti membuat mie, bukan? Tapi, bedanya makanan ini lebih sehat dari mie, karena tidak mengandung bahan kimia. Baca Juga : Resep Membuat Opor Ayam Khas Jogja

Itulah tadi resep kue apon-apon khas Banyuwangi, semoga Anda terhibur dengan adanya panduan ini. Selamat berlatih dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D