Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 18 Oktober 2015

Resep Membuat Kue Geplak Khas Bantul

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kue Geplak Khas Bantul – Geplak merupakan jajanan yang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Makanan ini bisa kita temui di Bantul dengan mudah. Geplak sendiri terbuat dari adonan yang berbahan dasar parutan kelapa dengan gula dan tepung serta bahan khas lainnya. Maka dari itu, kalau Anda berkunjung ke Jogja, sempatkan untuk membelinya dan mencicipi rasanya yang manis dan sesuai dengan lidah orang Jawa itu. Kalau di toko oleh-oleh, Anda bisa menemukan keunikan dari geplak ini, yaitu dikemas dengan besek atau wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Kue tradisional yang berbentuk bulat-bulat ini juga disediakan dengan berbagai warna. Bagi Anda yang tertarik membuatnya, silahkan membaca resep kue geplak khas Bantul dari awal sampai selesai. Dengan begitu Anda bisa menyajikan jajanan ini sebagai pelengkap waktu santai bersama keluarga. Bersantai tanpa geplak, kan ibarat hidup tanpa cinta.
Kue Geplak Khas Bantul
Kue Geplak Khas Bantul
Nah, silahkan memahami apa yang ada dalam resep kue geplak khas Bantul yang sudah disediakan untuk Anda di bawah ini.

Bahan:

  • ½ butir kelapa, parut memanjang
  • ½ gelas air matang
  • 375 gram tepung beras
  • ¼ kg gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat kue geplak
  2. Lalu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyangrai tepung beras sampai kering. Setelah itu tambahkan kelapa parut dan aduk sampai rata. Sisihkan
  3. Berikutnya, rebus gula beserta air sampai mendidih. Biarkan sampai gulanya larut dan angkat
  4. Masukkan adonan kelapa tadi dengan pewarna makanan, aduk-aduk dengan cepat sampai gula dan kelapanya tercampur dan mengental
  5. Kalau sudah, ambil adonan sebanyak dua sendok teh dan bulat-bulatkan sebesar bola ping-pong
  6. Dinginkan selama beberapa saat sampai mengeras
  7. Sajikan geplak di piring saji dan nikmati di kala mengopi

Anda bisa menggunakan beberapa pewarna untuk membuat kue geplak menjadi lebih cerah, seperti merah muda, hijau dan kuning. Untuk itulah, takar adonan geplak dalam resep kue geplak khas Bantul menjadi beberapa bagian supaya lebih mudah untuk memasukkan pewarnanya. Selanjutnya Anda bisa menikmati hidangan tersebut saat bersantai. Geplak juga bisa disajikan di acara khusus seperti hari raya, pesta tertentu dan lain sebagainya. Dengan geplak yang berwarna-warni, anak Anda pasti akan tertarik dan menyukainya. Asalkan Anda tetap menggunakan pewarna makanan alami, ya!
Baca Juga : Resep Membuat Jenang Gempol Khas Jogja

Itu tadi merupakan resep kue geplak khas Bantul yang bisa menemani Anda di kala galau. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang kebingungan mencari referensi makanan favorit keluarga. Semoga Anda berhasil menyajikan geplak sebagai camilan manis dan nikmat. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D