Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 18 Oktober 2015

Resep Membuat Kue Wajik Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Kue Wajik Khas Jogja – Kue wajik adalah makanan khas Jogja dan beberapa kota lain yang ada di Pulau Jawa. Kue ini memiliki rasa yang unik, yakni manis, gurih dan rasa ketan yang sangat kuat. Orang-orang yang datang ke Jogja biasanya membeli kue ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah yang tidak ikut melancong bersama mereka. Kalau Anda sedang berkunjung ke Jogja, silahkan membeli makanan ini di beberapa toko oleh-oleh yang sudah tersedia.

Anda pun juga bisa membuat makanan khas Jawa Tengah ini dengan resep kue wajik khas Jogja di rumah. Dengan bahan-bahan yang tersedia dan juga cara membuatnya yang gampang, dijamin Anda akan bisa memahami resepnya. Kalau Anda tidak membaca resep kue wajik khas Jogja secara keseluruhan, mungkin akan mengalami kebingungan dalam proses membuatnya. Oleh karena itu, silahkan membacanya sampai Anda benar-benar mengerti prosesnya. Simak kelanjutan resep berikut ini! Memasaklah dengan wajah yang gembira agar hidangan tersaji dengan sempurna!
Kue Wajik Khas Jogja
Kue Wajik Khas Jogja
Bahan:

  • 450 gram beras ketan yang direndam selama 2 jam
  • 450 ml santan
  • 100 gram gula pasir
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 150 ml air mendidih
  • 3 lembar daun pandan
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Persiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue wajik
  2. Setelah itu, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukus ketan yang sudah direndam selama seperempat jam.
  3. Lalu angkat dan siram dengan air mendidih. Kukus selama setengah jam sampai matang. Kemudian sisihkan
  4. Berikutnya tuang santan ke dalam panci bersama gula pasir, gula merah, garam dan daun pandan. Aduk sampai tercampur semua bahannya dan gula benar-benar mencair
  5. Tambahkan ketan yang sudah matang dan aduk sampai rata
  6. Berikutnya tuangkan campuran tersebut ke dalam wadah datar. Ratakan dan biarkan beberapa menit sampai dingin. Baru setelah itu potong sesuai selera.
  7. Kue wajik yang Anda buat siap disajikan dan dinikmati

Kue wajik yang Anda buat sudah jadi dengan sempurna. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga dengan kopi atau teh. Sensasinya akan sangat nikmat dan ngopi Anda jadi tidak hampa. Benar-benar nikmat karena dibuat dengan resep kue wajik khas Jogja. Jangan lupa untuk menyimpan resep tersebut agar lain kali kalau membutuhkan tidak perlu mencarinya kembali. Bagikan juga pengalaman yang Anda dapatkan kepada teman-teman dan tetangga Anda. Baca Juga : Resep Membuat Opor Ayam Khas Jogja

Demikianlah resep kue wajik khas Jogja yang sudah memandu Anda menyajikan hidangan dan camilan untuk keluarga. Dengan membuat kue wajik sendiri di rumah, Anda tidak perlu memesan jajanan lagi kalau ada acara di rumah. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D