Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 31 Oktober 2015

Resep Membuat Kupang Lontong Khas Pasuruan

Advertisement
Advertisement

Resep Kupang Lontong Khas Pasuruan – Selain Sidoarjo, Pasuruan juga punya lontong kupang atau kupang lontong khasnya. Makanan yang terbuat dari olahan kupang atau sejenis kepiting kecil ini memang sangat populer di kota asalnya. Anda bisa mencari makanan ini di berbagai tempat, seperti di warung maupun yang dijual di pinggir jalan. Rasanya jangan ditanya lagi, sudah pasti lezat dan membikin perut kenyang. Namun, hati-hati bagi Anda yang memiliki alergi jangan terlalu banyak mengkonsumsi kupang. Nanti takutnya akan membuat Anda gatal-gatal setelah mengkonsumsinya.

Anda juga bisa, nih membuat makanan ini di rumah dengan resep kupang lontong khas Pasuruan. Caranya sangat gampang, yaitu dengan membaca resep ini dari awal sampai selesai dan mempersiapkan bahan serta bumbu yang diperlukan. Tapi, Anda harus memahami setiap step yang ada dulu sebelum membuatnya agar hidangan Anda jadi istimewa. Yang pasti tanpa bertele-tele lagi, silahkan membaca kelanjutan resep kupang lontong khas Pasuruan di bawah ini.
Kupang Lontong Khas Pasuruan
Kupang Lontong Khas Pasuruan
Bahan:

  • 600 gram kupang atau kepiting kecil
  • 1 bungkus penyedap rasa atau secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • Bawang putih goreng secukupnya
  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Cabai rawit merah sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air perasan jeruk nipis secukupnya
  • 14 buah lontong, potong sesuai selera
  • 16 sendok makan petis kupang

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih kupang yang akan digunakan untuk membuat lontong kupang ini. Lalu rebus sampai matang selama beberapa saat
  2. Tambahkan penyedap rasa serta garam secukupnya pada rebusan kupang tersebut. Kemudian angkat dan sisihkan dulu
  3. Haluskan bahan seperti bawang putih goreng, garam, gula pasir, cabai rawit merah serta petis kupang. Cara menghaluskannya adalah dengan menggerusnya menggunakan sendok di atas piring
  4. Kalau sudah, tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya dan encerkan dengan menuangi air rebusan kupang sedikit saja.
  5. Setelah itu tata potongan lontong di atas piring dan tuangi dengan kupang beserta air rebusannya.
  6. Taburi lontong kupang dengan bawang merah goreng dan silahkan disantap.

Tambahkan kerupuk mie atau kerupuk ikan untuk menyantap makanan dari resep kupang lontong khas Pasuruan ini. Siapkan juga sambal yang pedas supaya lidah Anda jadi tertantang menyantapnya. Makanan ini memang cocok kalau dijadikan menu makan siang ketika Anda sedang lapar-laparnya. Sesudah mengkonsumsi hidangan ini, jangan lupa menceritakan kepada teman-teman agar mereka iri dengan Anda.

Baca Juga : Resep Membuat Air Tahu
Bagikan juga kepada mereka resep kupang lontong khas Pasuruan agar mereka bisa menghadirkan hidangan istimewa buat keluarga di rumah, sama seperti Anda. Ingin membantu mereka menjadi koki kebanggaan keluarga, bukan? Nah, salam koki dan selamat berkreasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D