Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 14 Oktober 2015

Resep Membuat Lempeng Telo Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Lempeng Telo Khas Jogja – Lempeng legendar merupakan makanan khas Jogja yang biasa dimakan bersama cabuk rambak. Bagi Anda yang bertempat tinggal di kota yang ada di Jawa Tengah tersebut pasti sudah tahu. Tapi, kalau lempeng telo sudah pada tahu belum, ya? Lempeng atau kerupuk telo juga merupakan makanan khas Jogja.

Perbedaan dari kedua lempeng tersebut adalah bahannya. Kalau lempeng legendar kan berasal dari nasi yang sudah dikeringkan, sedangkan lempeng telo ini dari tepung singkong. Rasanya pun juga berbeda. Bisa Anda coba dan cari di pasar tradisional yang ada di Jogja.
Namun, bagi Anda yang tinggal di daerah lain, coba saja untuk mengolahnya menjadi isian toples dengan resep lempeng telo khas Jogja di rumah yang selalu kosong melompong. Makan siang tanpa kriyuk-kriyuk seringkali membuat hampa, bukan? Jadi, Anda bisa mencoba untuk mengganti kerupuk yang biasa dibeli dan disantap bersama hidangan makan Anda dengan lempeng telo ini. Lagipula lempeng telo juga bisa kok dijadikan camilan.
Lempeng Telo Khas Jogja
Lempeng Telo Khas Jogja
Cara membuatnya pun sangat mudah dengan resep lempeng telo khas Jogja. Simak saja berikut ini.

Bahan:

  • Tepung singkong secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sebelum memasak, persiapkan semua bahan dengan takaran Anda.
  2. Langkah pertama setelah menyiapkannya, beri garam pada tepung singkong yang sudah ditaruh di wadah tertentu, bisa baskom berukuran sedang atau wadah apapun yang cukup
  3. Kemudian tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan bersama gula dan air.
  4. Aduk-aduk adonan tersebut sampai merata.
  5. Lalu ambil 1-2 sendok makan adonan serta ratakan pada daun pisang sampai tipis.
  6. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis
  7. Selanjutnya jemur adonan yang sudah dipipihkan di atas daun pisang tadi sampai kering
  8. Angkat dari jemuran dan kemudian goreng dengan minyak panas sampai warnanya berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Lempeng telo siap dinikmati bersama hidangan apapun.

Memang sangat mudah, ya membuat lempeng telo ini. Kalaupun bagi Anda sangat sulit karena Anda merupakan seorang pemula, mungkin hasil yang akan Anda dapatkan dari lempeng telo itu membuat Anda termotivasi. Bagaimana tidak, rasanya yang khas akan sangat membuat Anda ketagihan. Apalagi kalau dimasak dengan resep lempeng telo khas Jogja. Baca Juga : Resep Membuat Lontong Kikil Khas Jogja

Buat Anda yang sedang mencari-cari usaha, bisa mencoba untuk mengolah makanan ini dan kemudian menjualnya dengan kemasan plastik. Pasti akan laku kalau dijual di warung-warung makan atau di pasar tradisional. Coba saja untuk mengenalkan pada masyarakat yang sebelumnya belum tahu tentang makanan ini. Dan jangan lupa memberi mereka resep lempeng telo khas Jogja serta bagi ilmu yang sudah Anda dapatkan. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D