Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 29 Oktober 2015

Resep Membuat Manisan Pedas Salak Bali

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Manisan Pedas Salak Bali - Salak merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis. Salah satunya adalah salak pondoh yang sangat dikenal di Indonesia. Kita dapat menemukannya di pasar tradisional maupun di swalayan dan toko khusus buah. Buah ini merupakan buah musiman. Rasanya yang manis rupanya membuat orang banyak menyukai buah ini.

Salak pondoh yang cukup populer adalah salak bali. Selain bisa dimakan secara langsung, buah salak bali ini biasanya diolah menjadi manisan atau asinan. Manisan atau asinan salak hanya berbeda pada prosesnya saja. Jika manisan salak hanya perlu meningkatkan takaran gulanya. Sedangkan asinan salak hanya perlu menambah takaran garam dalam pembuatannya. Biasanya manisan dan asinan salak dibuat dalam bentuk basah dan kering, hanya tinggal mengatur takaran air yang digunakan saja.

Manisan Pedas Salak Bali
Manisan Pedas Salak Bali 
Apabila di daerah Anda kini sedang musim salak bali, mungkin sebaiknya manfaatkan buah tersebut untuk dibuat manisan salak yang lezat dan menyegarkan. Berikut resep membuat manisan pedas salak bali yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

Bahan-bahan membuat manisan pedas

  • 300 gram salak yang masih segar
  • 2 buah cabe merah
  • 4 buah cabe rawit ditumbuk atau ulek kasar (jika Anda penggemar makanan pedas, bisa tambahkan cabe sesuaikan selera)
  • 50 gram gula pasir
  • 250 ml air putih
  • Garam secukupnya

Cara memasak manisan pedas salak bali yang lezat

  1. Kupas kulit salak yang hendak dibuat manisan, bersihkan pula kulit ari buah salak rtersebut.
  2. Kemudian belah buah salak menjadi dua bagian, buang bijinya.
  3. Potong daging buah salak menjadi dua bagian lagi atau potong sesuai selera kemudian cuci hingga bersih.
  4. Larutkan garam ke dalam air secukupnya, kemudian rendam potongan buah salak yang telah dibersihkan ke dalam larutan tersebut.
  5. Setelah itu angkat dari larutan garam tersebut, lalu cuci dengan air hangat, tiriskan.
  6. Kemudian didihkan gula pasir dengan air hingga larut dan bercampur menjadi satu, biarkan hingga menjadi larutan sirup, angkat dan biarkan hingga sirup dingin.
  7. Setelah larutan gula tersebut dingin, hidangkan potongan salak dengan larutan gula tersebut. Jika Anda menghendaki manisan dingin bisa terlebih dulu disimpan di kulkas. Manisan pedas ini juga dapat Anda simpan dalam toples biarkan selama satu minggu.

Baca Juga : Resep Membuat Sate Kalkul Khas Bali
Ada tips khusus agar bumbu dari manisan salak ini meresap dengan sempurna. Sebaiknya Anda diamkan atau simpan terlebih dahulu manisan yang telah Anda buat di dalam kulkas. Sehingga hasilnya bumbu lebih meresap ke dalam salak. Setelah keluar dari kulkas manisan salak juga akan terasa segar dan kuahnya dapat Anda minum. Selamat mencoba resep tersebut dan menikmatinya bersama keluarga.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana