Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 14 Oktober 2015

Resep Membuat Ongol-Ongol Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Ongol-Ongol Khas Jogja – Namanya memang unik, ongol-ongol. Bagaimana dengan rasanya, ya? Sebelumnya perkenalkan dulu, ongol-ongol ini merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung hungkwe dan disantap bersama taburan kelapa. Rasanya manis, gurih dan lezat. Bisa dibilang makanan ini cukup cocok di lidah orang Jawa, terutama Jogja sendiri. Banyak dari mereka yang menjadikan ongol-ongol sebagai menu sarapan pagi pengganti nasi. Karena memang di samping rasanya yang nikmat, ongol-ongol juga mengenyangkan.

Kalau Anda singgah ke kota pelajar, Yogyakarta, jangan lupa mampir mencari makanan bernama ongol-ongol yang terbuat dari resep ongol-ongol khas Jogja ini. Sayangnya, ongol-ongol tidak bisa dibawa pulang (jika rumah Anda jauh dan membutuhkan waktu perjalanan lebih dari 8-10 jam), sebab nanti akan menimbulkan bau tidak enak dan tidak bisa disantap lagi. Alangkah baiknya jika Anda nongkrong di Jogja, mungkin piknik di tempat wisata sambil membawa ongol-ongol untuk santapannya. Pasti akan sangat nikmat.
Ongol-Ongol Khas Jogja
Ongol-Ongol Khas Jogja
Untuk Anda yang tidak mau jauh-jauh ke Jogja, tinggal baca resep ongol-ongol khas Jogja dan belanja ke pasar serta ke toko-toko terdekat dari rumah Anda. Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuatnya sangat simple dan mudah didapat, kecuali tepung hungkwe. Biasanya di minimarket atau supermarket menjualnya, kok. Atau Anda bisa membelinya di toko bahan roti yang ada di kota Anda.

Bahan:

  • 4 ½ sendok makan tepung hungkwe
  • 1 ½ sendok makan gula merah
  • Kelapa yang sudah diparut secukupnya
  • Daun pandan secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Persiapkan semua bahan yang sudah Anda beli supaya Anda tidak bingung nantinya
  2. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasak air bersama gula merah sampai mendidih.
  3. Berikutnya, larutkan tepung hungkwe bersama ai secukupnya dan masukkan ke dalam rebusan serta aduk sampai mengental
  4. Setelah itu, angkat rebusan dan diamkan sampai mendingin
  5. Hidangkan di piring saji serta jangan lupa ditaburi parutan kelapa yang sudah dibubuhi garam
  6. Sajian ongol-ongol siap dinikmati

Sangat mudah untuk membuat makanan khas Jogja yang memiliki rasa yang nikmat ini. Walaupun terlihat sangat sederhana, penikmatnya tidak hanya dari kalangan menengah ke bawah saja. Orang berduit pun sering datang dan membeli ongol-ongol Jogja ini. Karena Anda juga sudah membaca resep ongol-ongol khas Jogja sampai selesai, kurang afdhol kalau belum membuat dan mempraktekkannya di rumah. Untuk pemula, jangan takut mencoba karena resep ongol-ongol khas Jogja siap membantu Anda.
Baca Juga : Resep Membuat Kue Mendut Khas Jogja

Baiklah, sekian dari resep ongol-ongol khas Jogja. Semoga hidangan Anda tersaji sesuai dengan harapan. Jangan lupa membaginya kepada keluarga dan teman-teman, siapa tahu mereka penasaran dengan apa yang dinamakan ongol-ongol ini. Nah, salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D