Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 16 Oktober 2015

Resep Membuat Rengginang Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Rengginang Khas Jogja – Rengginang merupakan jajanan khas Jogja. Makanan ini sejenis kerupuk yang memiliki bentuk khas berupa butiran beras ketan. Rengginang sendiri ada bermacam-macam rasanya. Ada yang manis, asin dan sedikit pedas. Ada juga rengginang yang menggunakan ketan hitam. Meskipun begitu, tetap kembali lagi ke selera Anda. Cocok tidaknya rasa rengginang kan tergantung pada perasa Anda.

Kalau Anda ingin mencicipi rengginang, bisa datang ke Jogja untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Anda juga bisa membeli yang versi mentahnya untuk digoreng di rumah. Tapi, kalau membuat sendiri dengan resep rengginang khas Jogja kan lebih nikmat dan puas. Anda pasti bisa membuatnya dengan panduan tersebut, karena sangat gampang dan tidak sesulit seperti yang Anda pikirkan. Bahan dan bumbunya pun gampang ditemui di pasar tradisional maupun di supermarket.
Rengginang Khas Jogja
Rengginang Khas Jogja
Yang Anda perlukan adalah membaca resep rengginang khas Jogja sampai selesai, baru kemudian menerapkan dan mempraktekkannya. Pahami terlebih dahulu agar tidak keliru, terutama pada proses penjemurannya. Jemur sampai benar-benar kering agar hasilnya tidak mudah melempem. Simak berikut ini.

Bahan:

  • 500 gram ketan putih
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 cangkir air matang

Bumbu Halus:

  • 1 sendok makan terasi, bakar
  • 4 siung bawang putih

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, cuci bersih ketan putih dan rendam selama 1 jam
  2. Setelah itu, kukus beras ketan tersebut selama 20 menit kemudian angkat dan tiriskan
  3. Kemudian siapkan baskom kecil dan masukkan bumbu halus bersama garam, gula pasir dan air matang. Aduk sampai tercampur rata
  4. Masukkan beras ketan yang sudah dikukus. Aduk-aduk bersama bumbu tadi sampai rata. Diamkan selama beberapa saat sampai airnya mengering dan bumbunya meresap
  5. Masak serta kukus kembali adonan sampai matang Angkat dan tiriskan
  6. Lalu ambil sejumput ketan dan bentuk pipih sesuai selera. Taruh di atas tampah. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis dan susun di atas tampah
  7. Berikutnya, jemur rengginang di bawah terik matahari sampai kering merata kurang lebih selama 1-2 hari supaya rengginang lebih renyah setelah digoreng.
  8. Selanjutnya panaskan minyak dan goreng rengginang sampai matang. Angkat dan tiriskan
  9. Masukkan rengginang yang sudah digoreng dan agak dingin ke dalam toples.
  10. Rengginang siap disantap

Baca Juga : Resep Membuat Peyek Kacang Khas Jogja
Nah, bagaimana? Apakah resep rengginang khas Jogja mudah diterapkan? Pasti hidangan Anda sudah tersaji dengan nikmatnya dan menjadi persediaan camilan di waktu santai. Untuk itu, jangan lupa membagi resep rengginang khas Jogja kepada teman-teman dan tetangga Anda supaya mereka bisa membuat rengginang sebagai camilan atau suguhan tamu. Salam koki!
.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D