Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 16 Oktober 2015

Resep Membuat Sate Karang Khas Jogja

Advertisement
Advertisement

Resep Sate Karang Khas Jogja – Sate karang merupakan makanan khas Jogja yang sangat terkenal. Sebenarnya makanan ini seperti sate daging sapi pada umumnya, hanya saja yang membuatnya terasa khas adalah bumbu-bumbu spesial yang ada di dalamnya. Sate karang banyak dijual di warung-warung pinggir jalan yang ada di Jogja. Anda bisa mencarinya sendiri, karena memang mudah ditemukan. Rasanya yang nikmat dan khas akan menghipnotis Anda.

Kalau Anda tidak sempat berkunjung ke Jogja, Anda bisa membuatnya dengan resep sate karang khas Jogja di rumah. Tenang saja karena resep ini akan memandu Anda untuk menyajikan hidangan yang sangat digemari di kota Jogja ini. Untuk membuatnya sendiri tidak sesulit yang Anda bayangkan. Bahan dan bumbunya gampang ditemukan di pasar tradisional maupun di toko kelontong di dekat rumah Anda. So, Anda bisa langsung membaca resep sate karang khas Jogja sampai selesai dan memahaminya baru kemudian menerapkan apa yang ada di dalamnya.
Sate Karang Khas Jogja
Sate Karang Khas Jogja
Bahan:

  • ¼ kg daging sapi, potong dadu
  • 10 buah tusuk sate
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bumbu Halus:

  • ¼ sendok teh garam
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok makan gula merah
  • 3 siung bawang putih

Bumbu Lainnya:

  • 1 lembar daun salam
  • 1 iris lengkuas
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daging sapi yang sudah dipotongi. Kemudian sisihkan
  2. Campurkan bumbu halus bersama dengan lengkuas, daun salam, potongan daging sapi yang sudah dicuci dan jangan lupa beri air
  3. Kemudian rebus campuran tersebut sampai daging empuk atau lunak serta airnya menyusut
  4. Tuangkan minyak secukupnya lalu angkat serta aduk sampai rata.
  5. Dinginkan sebentar baru kemudian ditusuk dengan tusukan sate yang sudah disiapkan sejumlah yang diinginkan
  6. Setelah itu, bakar di atas bara api sambil dibolak-balik dan diolesi bumbu yang masih tersisa. Angkat
  7. Sajikan sate karang ketika masih panas.
  8. Sate karang siap dinikmati dengan bahan pelengkap lainnya.

Resep sate karang khas Jogja ini menghasilkan 10 tusuk sate karang. Anda bisa menghidangkannya bersama ketupat dan sayur lodeh ataupun dengan nasi putih yang masih panas. Jika Anda ingin hidangan yang lebih pedas, silahkan menambahkan sambal kacang atau sambal kecap sebagai pendampingnya dan dimakan juga bersama kerupuk renyah. Pasti makan siang Anda akan terhidang komplit sekali. Baca Juga : Resep Membuat Opor Ayam Khas Jogja

Jangan lupa membagikan hidangan tersebut dengan keluarga Anda yang lain. Kalau memang dirasa kurang cukup, tambahkan bahan dan takaran bumbu pada resep sate karang khas Jogja di atas supaya lebih pas disantap keluarga. Nah, resep sate karang khas Jogja pamit. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D