Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 23 Oktober 2015

Resep Membuat Sate Tusuk Khas Madura

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Sate Tusuk Khas Madura - Sate merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia. Indonesia kaya akan resep untuk membuat sate tusuk. Sate adalah salah satu dari makanan yang terbuat dari potongan daging yang kecil-kecil yang biasanya ditusuk hingga sedemikian rupa, dengan menggunakan tusukan lidi tulang daun kelapa. Yang kemudian biasanya dipanggang diatas bara arang kayu. Masakan ini biasanya disajikan dengan berbagai macam bumbu, yang biasanya tergantung pada variasi dari resep sate itu sendiri. Ada beberapa macam daging yang biasanya bisa dijadikan masakan sate. 
Diantaranya yaitu: daging ayam, daging kambing, domba, sapi, kelinci, kuda dan lain sebagainya. Masakan sate memang terkenal berasal dari daerah Jawa, Indonesia. Masakan ini sudah dikenal sebagai salah satu masakan nasional yang berasal dari Indonesia. Masakan ini bisa anda peroleh dari pedagang sate keliling, pedagang kaki lima, di warung tepi jalan, ataupun restoran kelas atas dan biasanya juga menjadi makanan pada sebuah acara pesta maupun kenduri.

Rasa yang manis, pedas dan juga gurih dapat anda nikmati dalam sebuah sajian masakan sate. Sate dengan tekstur yang begitu lembut dan rasa yang begitu gurih memanglah sangat amat lezat untuk menjadi santapan kita. Terlebih lagi di dalam resep sate tusuk ini, menyajikan rasa pedas, gurih dan juga manis secara bersamaan. Rasa yang manis dan gurih sekaligus pedas dapat anda nikmati pada sajian masakan sate ayam khas dari nusantara kita. Rasanya juga akan lebih mak nyus apabila satenya disajikan dengan saus kacang ataupun sambal kecap sesuai dengan selera anda.

Sate Tusuk Khas Madura
Sate Tusuk Khas Madura
Berikut ini ada beberapa bahan-bahan serta bumbu untuk membuat masakan sate tusuk. Diantaranya yaitu:

  • 500gr daging paha yang sudah anda fillet, kemudian potonglah menjadi potongan kecil-kecil yang berbentuk kotak.
  • Siapkan kira-kira 2 sendok makan kecap manis.
  • 2 sendok makan gula merah yang sudah halus.
  • 1 sendok teh kecap asin.
  • Garam sebanyak 1 sendok teh saja.
  • Merica bubuk ½ sendok teh.
  • Cabai bubuknya juga ½ sendok teh.
  • 1 sendok makan minyak wijen.
  • 200ml air.
  • 27 buah tusuk sate.

Untuk bumbu-bumbunya yang harus anda haluskan, antara lain:
5 siung bawang putih.

  • Bawang merahnya 10 butir.
  • 5 cm lengkuas dan memarkan terlebih dahulu.
  • 1 ½ sendok teh ketumbar, sangrai terlebih dahulu.

Berikut untuk cara pembuatan sate tusuk ayam yang pedas dan manis yaitu:

  1. Rendamlah terlebih dahulu daging ayam bersama dengan kecap manis, kecap asin, gula merah, garam, cabai bubuk, merica bubuk, minyak wijen dan juga bumbu yang telah dihaluskan tadi kira –kira sekitar 1 jam an.
  2. Lalu tuangkanlah 200ml air dan masaklah diatas api yang kecil saja hingga kering.
  3. Kemudian masukkanlah potongan daging ayam tadi kedalam tusuk sate dan bakarlah diatas bara api, sambil dilumuri dengan kecap yang telah ditambahkan dengan sedikit bumbu kacang.

Baca Juga : Resep Membuat Tempe Gembus Bacem Khas Jogja
Sate ayam dengan rasa yang pedas, manis dan juga gurih siap untuk anda hidangkan .
Mudah bukan, resep dan juga cara untuk membuat sate tusuk ayam ini. Sate ini juga sangat cocok bila anda sajikan bersamaan dengan lontong. Rasanya pasti begitu nikmat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana