Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 25 Oktober 2015

Resep Membuat Semanggi Khas Surabaya

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Semanggi Khas Surabaya – Semanggi merupakan sejenis tanaman paku berdaun empat. Bahan makanan ini sudah terkenal di Surabaya, bahkan menjadi nama sebuah mall dan plaza di beberapa daerah. Sedangkan makanan dengan nama semanggi ini juga berasal dari ibukota Jawa Timur tersebut. Yang membuatnya khas adalah sambal singkong yang nikmat. Makanan ini dihidangkan dengan tauge dan kangkung serta kerupuk uli yang bisa jadi inovasi terbaru menu makan Anda.

Kalau Anda berkunjung ke Surabaya, Anda pasti akan menemukan makanan ini di beberapa tempat, seperti di pasar tradisional dan di warung tertentu. Dengan harga yang relatif murah, semanggi sudah bisa Anda rasakan. Namun, kalau Anda tidak berminat untuk berkunjung ke sana saat ini, silahkan membaca resep semanggi khas Surabaya dari awal sampai selesai dan mempraktekkannya di dapur Anda.
Semanggi Khas Surabaya
Semanggi Khas Surabaya
Cara membuatnya sangat mudah, apalagi kalau Anda memahami dengan betul apa yang ada dalam resep semanggi khas Surabaya. Karena itu, simak baik-baik berikut ini!

Bahan:

  • ¼ kg daun semanggi
  • 50 gram tauge
  • 1 ikat kangkung

Pelengkap:

  • Lempeng atau kerupuk puli
Bahan Sambal atau Saus Singkong:
  • 1 ruas kencur
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 30 gram gula Jawa
  • 100 gram kacang tanah
  • 200 ml air putih
  • ¼ kg singkong rebus
  • Petis udang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan alat dan bahan untuk membuat semanggi
  2. Kemudian langkah berikutnya adalah mencuci tauge serta semanggi sampai bersih. Lalu rebus sampai matang dan sisihkan
  3. Sementara itu, tumbuk atau haluskan kacang tanah dan ubi jalar. Lakukan secara terpisah
  4. Selanjutnya tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum dan tambahkan kacang tanah serta ubi jalar yang sudah dihaluskan tadi.
  5. Tuangkan sedikit air supaya tidak lengket. Juga tambahkan garam dan petis udang secukupnya. Aduk-aduk sampai merata dan matang.
  6. Setelah diangkat, sajikan bumbu sambal singkong di atas pincuk atau daun pisang untuk dijadikan alas di atas piring. Susun tauge dan daun semanggi rebus di atasnya dan siram menggunakan bumbu sambal tadi
  7. Semanggi siap dinikmati

Kalau Anda ingin yang lebih pedas, silahkan tambah sambal dan nikmati semanggi bersama kerupuk puli atau yang biasa disebut lempeng. Pasti akan sangat nikmat jika disantap dengan nasi putih bersama keluarga. Silahkan saja menyajikannya sebagai lauk tambahan, baik saat makan siang maupun makan malam. Tetapi, jangan lupa untuk tetap mengolahnya dengan resep semanggi khas Surabaya di lain waktu.

Baca Juga : Resep Membuat masakan ayam goreng crispy
Nah, itulah akhir dari resep semanggi khas Surabaya. Semoga Anda berhasil menghidangkannya dengan istimewa. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D