Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 17 Oktober 2015

Resep Membuat Serabi Kocor Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Serabi Kocor Khas Jogja – Serabi merupakan makanankhas Jawa Tengah. Di beberapa daerah, seperti Solo dan Jogja terdapat kuliner khas ini. Kalau di Solo, kita bisa melihat serabi dengan toping bermacam-macam yang menggugah selera, namun kalau di Jogja Anda akan disambut serabi kocor. Apa itu serabi kocor? Serabi kocor adalah serabi biasa yang dimakan bersama kuah santan dengan rasa manis, asin dan gurih yang berpadu menjadi satu. Makanan ini sangat terkenal, terutama di daerah asalnya. Di Jogja, serabi kocor dijual dengan harga Rp1.500/tangkap atau berisi dua buah serabi.

Di beberapa kota lain juga banyak yang menjual serabi ini. Akan tetapi, mereka mengadaptasi dari resep serabi kocor khas Jogja yang sudah ada sejak lama. Anda pun bisa membelinya kepada mereka dan merasakan bagaimana rasanya yang sebenarnya. Sudah pasti Anda akan ketagihan, karena serabi kocor ini memiliki rasa yang cocok untuk lidah siapa saja.
Serabi Kocor Khas Jogja
Serabi Kocor Khas Jogja
Jika Anda ingin mencoba membuatnya, silahkan membaca resep serabi kocor khas Jogja di bawah ini. Caranya sangat mudah, bahan dan bumbunya juga gampang ditemukan. Yang jelas Anda pasti bisa membuatnya dengan cara yang sederhana.

Bahan:

  • 300 gram tepung beras
  • 250 gram gula merah
  • 200 gram santan
  • 100 gram tepung terigu
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan
  2. Kemudian masak santan bersama garam sampai mendidih. Setelah itu angkat dan dinginkan selama beberapa saat
  3. Campurkan tepung terigu dan tepung beras serta beri santan secukupnya. Aduk sampai rata hingga semuanya tercampur
  4. Lalu panasi cobek tanah liat seperti yang digunakan untuk membuat serabi pada umumnya dan olesi dengan parutan kelapa sampai berminyak
  5. Tuangkan adonan yang sudah Anda buat lagi sebanyak satu sendok sayur. Tutup dan masak sampai matang.
  6. Angkat dan sajikan dalam piring saji yang sudah dialasi dengan daun pisang
  7. Serabi kocor siap dinikmati bersama kuah yang pertama kali dibuat tadi
Sebenarnya Anda bisa menyajikan serabi dalam piring cekung yang sudah diberi kuah. Kemudian cemplungkan serabi di dalamnya. Makan menggunakan sendok seperti ketika Anda memakan bubur. Pasti akan sangat nikmat jika dibuat dengan resep serabi kocor khas Jogja ini. Nah, silahkan Anda menikmatinya bersama keluarga di pagi hari saat sarapan atau di malam hari ketika cuaca dingin.

Baca Juga : Resep Membuat Lontong Kikil Khas Jogja
Resep serabi kocor khas Jogja pamit dulu, semoga Anda bisa menyajikan hidangan istimewa ini dan membagi-bagikan ilmu yang sudah Anda dapat kepada tetangga dan teman-teman, supaya mereka juga dapat menjadi kebanggaan keluarga seperti Anda. Salam koki dan terus berlatih memasak apapun yang Anda sukai.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D