Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 18 Oktober 2015

Resep Membuat Thiwul Khas Gunungkidul

Advertisement
Advertisement

Resep Thiwul Khas Gunungkidul – Nasi thiwul adalah makanan yang sangat nikmat dan menyehatkan. Makanan ini berasal dari Gunungkidul. Rasanya sangat khas dan dinikmati hampir seluruh masyarakat di sana. Kalau Anda ke pasar tradisional yang ada di Jogja maupun Gunungkidul, Anda bisa menemukan hidangan yang satu ini. Makanan ini biasanya dijual oleh ibu-ibu yang membawa tampah dengan harga kurang lebih Rp2.000,-.

Kalau Anda ingin mencoba mengolahnya sendiri di rumah, silahkan baca resep thiwul khas Gunungkidul dengan teliti agar tidak mengalami kesulitan yang berarti. Sebelumnya, siapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan tersebut bisa Anda temukan di pasar maupun toko kelontong dengan sangat mudah. Selanjutnya baru memahami langkah-langkah yang ada agar tidak keliru. Kalau sudah benar-benar mengerti, berarti Anda sudah siap untuk mengolahnya.

Membuatnya dengan resep thiwul khas Gunungkidul sangat mudah dan bisa dipahami. Anda hanya perlu melakukan hal yang sudah disebutkan di atas. Tidak akan lama, kok. Setelah nasi thiwul jadi, Anda bisa menyantapnya bersama keluarga dengan lauk dan bahan pelengkap lainnya. Sudah penasaran apa saja bahan dan cara membuatnya? Simak kelanjutan resep berikut ini.
Thiwul Khas Gunungkidul
Thiwul Khas Gunungkidul
Bahan:

  • 300 gram tepung gaplek atau tepung tapioka
  • 100 gram gula merah, disisir
  • 70 ml air
  • 2 lembar daun pandan
Bahan Untuk Taburan:
  • 1 lembar daun pandan
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ butir kelapa muda, diparut panjang

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat thiwul seperti yang sudah disebutkan di atas
  2. Kemudian ambil tepung gaplek dan taruh di atas tampah. Percikkan air di atasnya sambil diaduk-aduk sampai adonan berbutir seperti pasir. Lalu sisihkan
  3. Masukkan adonan tersebut ke dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Alasi dengan daun pisang dan tambahkan gula merah sisir secara acak. Setelah itu kukus selama 1 jam. Angkat.
  4. Selanjutnya kukus juga kelapa parut beserta garam dan daun panggang selama seperempat jam. Angkat dan sajikan tiwul bersama kelapa parut
  5. Nikmati thiwul bersama sayur lodeh. Pasti akan terasa nikmatnya

Nasi thiwul memang memiliki rasa yang khas dan nikmat untuk Anda yang bosan menyantap nasi putih biasa. Silahkan mencoba membuatnya dengan resep thiwul khas Gunungkidul yang sangat mudah, seperti yang ada di atas. Dikonsumsi bersama sayur bersantan dan sambal yang pedas akan menambah cita rasanya. Hidangkan saja di meja makan, pasti keluarga dan teman-teman Anda yang berkunjung akan langsung menyantapnya. Baca Juga : Resep Membuat Ndog Gludug Khas Jogja

Demikianlah resep thiwul khas Gunungkidul. Semoga panduan tersebut bermanfaat untuk Anda. Simpan saja di bookmark, supaya lain kali kalau membutuhkannya bisa membaca kembali. Salam koki dan terus berkreasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D