Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 17 Oktober 2015

Resep Membuat Thiwul Khas Jogja

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Thiwul Khas Jogja – Thiwul merupakan makanan yang berasal dari Jogja. Makanan ini dulunya sempat menjadi makanan pokok masyarakat di sana. Namun, sekarang sebagian besar masyarakat sudah makan nasi putih biasa. Perlu diketahui bahwa nasi thiwul ini sangat bergizi lho. Memang sebagian orang tidak menyukai nasi thiwul, akan tetapi kalau sudah mengetahui manfaatnya untuk kesehatan, pasti akan memburunya. Makanan ini bisa Anda temui di Jogja, khususnya di di rumah makan tradisional.

Bagi Anda yang berwisata ke daerah Jogja, bisa mampir untuk mencicipi thiwul khasnya di pasar tradisional maupun di pinggir jalan. Biasanya yang menjual ibu-ibu membawa tampah. Walaupun sederhana, tapi thiwul ini memiliki rasa yang bikin nagih. Sementara bagi Anda yang tidak ingin jauh-jauh ke Jogja, silahkan berdiam diri di rumah sambil membaca resep thiwul khas Jogja sebelum mempraktekkannya dalam proses pembuatan.
Thiwul Khas Jogja
Thiwul Khas Jogja
Tidak sesulit seperti yang Anda pikirkan, kok proses pembuatannya. Anda hanya perlu memahami betul apa yang ada dalam resep thiwul khas Jogja. Setelah itu terserah Anda, ingin membuatnya pada saat yang sama atau menyimpannya dulu baru di lain waktu, saat ada waktu luang, mencoba membuatnya.

Bahan:

  • 350 gram singkong, kupas dan keringkan
  • 200 gram kelapa parut
  • 150 gram gula merah halus
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 gelas air matang
  • 1 tangkai daun pisang
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Persiapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan. Jangan lupa untuk mengangkat singkong yang sudah dikeringkan, atau biasa disebut sebagai gaplek.
  2. Percikkan dengan air sambil ditumbuk-tumbuk sampai muncul butiran kecil-kecil. Baru kemudian sisihkan
  3. Panaskan wajan atau dandang. Alasi menggunakan daun pisang yang sudah disiapkan.
  4. Masukkan gaplek yang sudah ditumbuk tadi di atasnya
  5. Tambahkan gula merah di atasnya dengan menyisir acak. Kemudian kukus selama kurang lebih satu jam. Angkat.
  6. Lalu kukus kelapa parut bersama daun pandan dan garam selama seperempat jam. Angkat juga.
  7. Sajikan nasi thiwul di piring saji sambil dicampur dengan kelapa parut tadi
  8. Hidangan nasi thiwul khas Jogja siap dinikmati

Begitu enaknya nasi thiwul ini dan cocok sekali untuk sarapan. Banyak orang mengatakan kalau sarapan dengan nasi thiwul itu cukup sedikit saja, karena gampang membuat orang kekenyangan. Kalau Anda sendiri bagaimana? Karena sudah membuatnya dengan resep thiwul khas Jogja, Anda patut mendapat penghargaan sebagai ibu bahagia. Sebab, Anda bisa menyajikan makanan khas yang sudah sejak lama ada ini untuk keluarga dengan istimewa. Baca Juga : Resep Membuat Kue Mendut Khas Jogja

Nah, sekian dulu resep thiwul khas Jogja. Semoga Anda mendapatkan manfaat dari pengalaman yang satu ini. Salam koki dan teruslah berlatih!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D