Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 27 Oktober 2015

Resep Membuat Uceng-Uceng Khas Banyuwangi

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Uceng-Uceng Khas Banyuwangi - Uceng-uceng atau yang biasa disebut glinseng merupakan kue atau makanan khas Banyuwangi. Makanan tersebut memiliki rasa yang khas dan nikmat. Terbukti dengan kicauan para masyarakat yang mengatakan bahwa uceng-uceng banyak digemari dan cocok sebagai teman minum teh hangat dan kopi. Kalau Anda merupakan warga Banyuwangi, pasti sudah tidak asing dengan makanan ini, bahkan menjadi salah satu penggemarnya. Percaya atau tidak memang begitu kenyataannya. Lagipula uceng-uceng ini mudah sekali ditemui di kota tesebut.

Kalau Anda belum pernah mencobanya, jangan khawatir. Anda bisa pergi ke Banyuwangi untuk mencicipinya sembari berwisata bersama keluarga. Namun, ada alternatif yang bisa Anda lakukan selain jauh-jauh pergi ke sana. Alternatif tersebut adalah membuat olahan ini di rumah dengan resep uceng-uceng khas Banyuwangi. Begitu mudah dan tidak memakan waktu lama untuk membuatnya di rumah. Anda tidak percaya?
Uceng-Uceng Khas Banyuwangi
Uceng-Uceng Khas Banyuwangi
Sajian ini memang sangat sederhana, di samping cara membuatnya yang gampang. Meskipun begitu, Anda harus memperhatikan setiap bahan dan juga langkah yang ada agar hidangan Anda tercipta dengan sempurna. Maka dari itu, simak resep uceng-uceng khas Banyuwangi berikut ini!

Bahan:

  • Tepung beras secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kelapa parut secukupnya
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Daun pisang

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat uceng-uceng.
  2. Berikutnya Anda bisa mencampurkan tepung beras dengan takaran sesuai yang Anda inginkan bersama air secukupnya dan juga pewarna. Anda bisa menggunakan warna merah muda, hijau, kuning atau apapun
  3. Aduk campuran tersebut hingga merata dan kemudian bentuk menggulung sampai adonan habis
  4. Setelah itu baru rebus hingga matang selama beberapa menit. Angkat dan taruh ke dalam wadah untuk menunggunya sampai agak dingin.
  5. Selanjutnya, Anda bisa menatanya di piring saji yang sudah dilapisi daun pisang sebelumnya dan menaburi parutan kelapa di atasnya.
  6. Lalu Anda taburkan gula pasir juga di atasnya agar terasa manis
  7. Uceng-uceng siap disantap

Kalau Anda menggunakan beberapa pewarna makanan, silahkan pisah adonan menjadi dua bagian sebelum diberi pewarna. Lalu Anda taruh di wadah yang berbeda dan mulai menambahkan pewarna serta diaduk-aduk sampai merata. Setelah jadi, Anda bisa menikmatinya bersama keluarga. Lumayan sekali, bukan Anda bisa menjajal kuliner khas daerah Banyuwangi yang namanya sangat unik sekali. Lagipula makanan tersebut diolah dengan resep uceng-uceng khas Banyuwangi yang sudah terkenal bisa menghadirkan uceng-uceng khas dan nikmat. Baca Juga : Resep Membuat Kue Klepon Khas Jogja

Nah, itu tadi resep uceng-uceng khas Banyuwangi. Semoga panduan yang telah diberikan bisa membawa Anda untuk berkreasi menghadirkan kuliner khas Banyuwangi dengan lebih nikmat lagi. Silahkan santap-santap dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D