Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 27 November 2015

Resep Membuat Amplang Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Amplang Khas Kalimantan Selatan – Amplang merupakan nama sebuah kerupuk yang berasal dari Kalimantan Selatan. Kerupuk asal Banjar ini pada umumnya terbuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri yang digiling kemudian dicampur bersama bumbu-bumbu lainnya. Setelah itu, dibuat tabung memanjang, dijemur lalu diiris dan digoreng sampai matang. Proses penggorengannya juga cukup lama, kurang lebih 30 menit sembari diaduk-aduk agar tidak gosong. Anda bisa membeli camilan khas Kalimantan Selatan ini di beberapa toko oleh-oleh yang tersedia.

Namun, apabila Anda ingin membuatnya di rumah, langkah-langkah dan bahan utamanya sudah dijelaskan sebelumnya. Sangat mudah, kok membuatnya dengan resep amplang khas Kalimantan Selatan. Apalagi dengan hasilnya, yaitu rasa yang nikmat, gurih dan renyah akan menghipnotis Anda untuk segera mengolahnya dan menyajikannya di meja makan. Kalau sudah tidak sabar, silahkan membaca kelanjutan resep amplang khas Kalimantan Selatan di bawah ini supaya lebih jelas. Karena bahan-bahan, bumbu serta langkah pembuatannya telah disebutkan dengan lengkap.
Amplang Khas Kalimantan Selatan
Amplang Khas Kalimantan Selatan
Bahan:

  • 1 kg ikan tenggiri atau ikan gabus
  • 2 kg tepung sagu
  • ¾ liter air
  • Bawang putih secukupnya
  • 80 gram garam
  • 10 gram penyedap rasa
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sebelum mengolah amplang, alangkah baiknya Anda menyiapkan semua bahan dan bumbunya terlebih dahulu.
  2. Baru kalau sudah, silahkan mencuci ikan gabus atau tenggiri sebelum menggilingnya hingga halus.
  3. Setelah itu, campur gilingan ikan bersama air, penyedap rasa dan juga garam secukupnya. Aduk-aduk sampai rata
  4. Sesudah itu, masukkan tepung sagu sembari diuleni hingga kalis.
  5. Ambil adonan secukupnya lalu timbang dengan berat sekitar 1 kg. Lalu bentuk adonan tersebut menjadi tabung memanjang dan rebus selama 60 menit.
  6. Angkat lalu jemur supaya hasilnya bagus.
  7. Kalau sudah agak kering, angkat lalu iris adonan dan tata di atas tampah.
  8. Panaskan minyak, kemudian goreng amplang selama setengah jam sampai matang sembari diaduk supaya tidak gosong. Angkat lalu tiriskan
  9. Lakukan langkah ini sampai adonan amplang habis
  10. Simpan amplang dalam toples atau plastik dan segera nikmati

Mudah, bukan membuatnya dengan resep amplang khas Kalimantan Selatan? Anda mungkin harus bersabar pada proses penjemuran dan penggorengannya yang cukup lama. Hal itu dilakukan supaya tekstur yang dihasilkan dari kerupuk amplang lebih nikmat nantinya. Jika demikian, Anda bisa langsung menyimpannya dalam toples dan menyajikannya untuk keluarga. Baik itu untuk sekedar camilan maupun teman makan nasi.

Baca Juga : Resep Membuat Ubi Ndota Lauk Ikan Soa Khas NTT
Selesai sudah resep amplang khas Kalimantan Selatan. Semoga Anda bisa menerapkannya dengan baik dan menghasilkan sajian yang istimewa dengan berhasil. Selamat menikmati hidangan Anda dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D