Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 29 November 2015

Resep Membuat Ayam Cincane Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Ayam Cincane Khas Kalimantan Selatan – Ayam bakar merupakan makanan khas Indonesia yang banyak digemari berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa menyukai makanan yang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar ini. Sampai saat ini, ayam bakar memiliki banyak sekali kreasi, seperti ayam bakar sambal ijo, ayam bakar pedas dan masih banyak lagi. Anda tentunya sudah pernah merasakan kenikmatan ayam bakar tersebut.

Nah, di Kalimantan Selatan Anda bisa menjumpai makanan yang bernama ayam cincane atau ayam bakar cincane. Makanan ini juga sama dengan ayam bakar pada umumnya, diolah menggunakan santan dan campuran rempah lainnya. Cara penyajiannya pun juga dibiarkan utuh seperti kalkun. Namun, dengan adanya resep ayam cincane khas Kalimantan Selatan memberikan kekhasan rasa tersendiri pada makanan ini.
Ayam Cincane Khas Kalimantan Selatan
Ayam Cincane Khas Kalimantan Selatan
Kalau Anda penasaran, silahkan membuatnya di rumah dengan bantuan resep ayam cincane khas Kalimantan Selatan. Proses pembuatannya sangatlah mudah, seperti membuat ayam bakar pada umumnya. Maka dari itu, segeralah menyiapkan semua bahannya dan mulai menerapkan langkah-langkah yang ada.

Bahan:

  • 1 ekor ayam ukuran sedang
  • ½ liter santan kelapa
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1 sendok makan gula merah, sisir halus
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 3 cm jahe
  • 5 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah
  • 5 siung bawang putih
  • 12 butir bawang merah

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam cincane, lalu lakukan langkah berikutnya, yaitu mencuci bersih ayam cincane utuh.
  2. Kemudian panaskan minyak untuk menumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam tadi dan aduk sampai rata
  3. Tambahkan sisiran gula merah, garam dan tuangi santan sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk dan dimasak hingga matang
  4. Tambah air perasan jeruk nipis lalu masak hingga bumbunya meresap serta kuah mulai mengental
  5. Kalau sudah, angkat lalu panggang atau bakar ayam sembari diolesi sisa bumbu dan dibolak-balik di atas bara api hingga matang
  6. Angkat lalu sajikan di piring saji bersama bahan pelengkap lainnya, seperti sambal dan lalapan.
  7. Hidangan ayam bakar cincane siap dinikmati

Dengan membuatnya menggunakan resep ayam cincane khas Kalimantan Selatan, Anda sudah bisa menyajikan makanan ini untuk 12 orang. Ya, ayam utuh yang tadinya sudah Anda olah akan menjadi 12 potong dan bisa disantap bersama keluarga. Namun, bila dirasa kurang, Anda bisa menambahkan bahan berupa ayam ukuran sedang dan bumbu-bumbu lainnya. Baca Juga : Resep Membuat Bingka Barandam Khas Kalimantan Selatan

Untuk itu, jangan lupa menyimpan resep ayam cincane khas Kalimantan Selatan di bookmark Anda, ya! Supaya di lain waktu bisa mengolahnya lagi. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D