Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 27 November 2015

Resep Membuat Balungan Hayam Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Balungan Hayam Khas Kalimantan Selatan – Nama balungan hayam diambil dari jengger atau bebalungan ayam. Walaupun bentuknya tidak mirip dengan aslinya, berdasarkan sejarah yang ada makanan ini diolah untuk melambangkan salah satu jenis ayam yang dipersebahkan dalam sesajen upacara. Namun, hal itu hanya simbol-simbolnya saja. Makanan ini sendiri terbuat dari tepung ketan yang dicampur bersama bumbu dan bahan lainnya sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Yang membuat rasanya begitu nikmat adalah adanya hinti, yaitu campuran parutan kelapa muda dengan gula merah yang digoreng supaya awet serta tahan lama. Hinti tersebut diisikan ke dalam balungan hayam yang membuat Anda ketagihan untuk mencoba makanan yang terbuat dari resep balungan hayam khas Kalimantan Selatan ini kembali.

Balungan Hayam Khas Kalimantan Selatan
Balungan Hayam Khas Kalimantan Selatan
Tapi, jangan khawatir, karena Anda bisa membuatnya di rumah menggunakan resep balungan hayam khas Kalimantan ini. Cara membuatnya sangatlah mudah jika Anda membaca keseluruhan isi resep dan menyiapkan semua bahannya dengan lengkap. Kalau sudah, baru menerapkan atau mempraktekkan langkah-langkah yang ada. Untuk mempermudah Anda, silahkan membaca kelanjutan resep balungan hayam khas Kalimantan Selatan di bawah ini.

Bahan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 3 sendok teh air kapur sirih
  • 5 lembar daun pandan
  • Santan secukupnya dari ½ butir kelapa
  • Garam secukupnya
  • Hinti gula merah secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan adalah mengambil sebuah wadah untuk mencampurkan tepung ketan bersama santan yang dituang sedikit demi sedikit sembari terus diaduk.
  2. Masukkan air perasan daun pandan dan aduk-aduk sampai berwarna hijau. Tambahkan juga air kapur sirih serta garam secukupnya sambil tetap diaduk rata sampai adonan mengental.
  3. Ambil kurang lebih segenggam adonan atau sesuai selera. Pipihkan dan masukkan hinti di tengahnya. Lalu bentuk lonjong seperti balungan ayam
  4. Lakukan langkah ini sampai adonan habis dan kemudian kukus hingga matang lalu angkat.
  5. Sajikan balungan hayam di piring saji dan segera nikmati

Air kapur dalam resep balungan hayam khas Kalimantan Selatan di atas digunakan untuk membuat adonan menjadi kenyal. Sedangkan hinti, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya ditaruh di tengah-tengah balungan hayam supaya ‘meletus’ ketika digigit oleh penikmatnya. Untuk membuat hinti sendiri sudah dijelaskan, namun Anda bisa menambahkan gula putih dan garam secukupnya untuk memberikan rasa yang sedikit gurih. Baca Juga : Resep Membuat Sayur Lebui Khas NTB

Nah, bagaimana proses pembuatannya dengan resep balungan hayam khas Kalimantan Selatan? Mudah sekali, bukan? Apalagi kalau melihat hasilnya yang begitu baik dan juga memiliki rasa yang nikmat. Anda pasti ketagihan dan ingin membuatnya kembali di lain waktu. Oleh karena itu, simpanlah resep balungan hayam khas Kalimantan Selatan dalam bookmark Anda! Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana