Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 18 November 2015

Resep Membuat Bingka Dolu Gula Merah Khas NTB

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Bingka Dolu Gula Merah Khas NTB – Bingka dolu gula merah merupakan makanan khas Nusa Tenggara Barat. Makanan ini adalah kuliner tradisional yang sudah ada sejak lama. Kalau biasanya Anda hanya mencicipi kue-kue biasa seperti pai buah, semar mendem dan lain sebagainya, sekarang Anda bisa menjadikan bingka dolu sebagai alternatif lain untuk sajian hari raya dan berkumpul bersama keluarga. Bingka dolu ini memang sangat cocok kalau dijadikan hidangan penyambut tamu, apalagi jika di rumah ada acara arisan keluarga.

Kalau Anda bisa membuatnya dengan resep bingka dolu gula merah khas NTB, Anda tidak perlu memesan kue lagi jika ada acara penting di rumah. Dengan meminta bantuan kepada saudara dan tetangga Anda, kue bingka dolu ini sudah bisa disajikan untuk jajanan arisan. Cara membuatnya sangatlah mudah dan sesuai dengan hasilnya yang istimewa. Simak saja kelanjutan resepnya di bawah ini supaya Anda bisa lebih memahaminya!
Bingka Dolu Gula Merah Khas NTB
Bingka Dolu Gula Merah Khas NTB 
Bahan:

  • ¼ kg tepung terigu dengan protein sedang
  • 1 ons gula merah, sisir halus
  • ¼ ons gula pasir
  • 1 butir telur
  • 325 ml santan dari 1 butir kelapa
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Ambil semua bahan dan bumbu yang dipergunakan untuk membuat bingka dolu gula merah.
  2. Setelah itu, siapkan santan dan gula merah untuk direbus dan diaduk-aduk hingga gula merahnya larut.
  3. Kemudian saring rebusan tersebut dan dinginkan sebentar. Sisihkan dulu
  4. Campurkan gula pasir dan telur lalu kocok beberapa saat hingga gula larut dan lumayan kental
  5. Tuangi santan beserta garam lalu aduk-aduk sampai rata. Sembari tetap diaduk, tambahkan terigu. Aduk-aduk sampai adonan licin
  6. Tuangkan adonan tersebut dalam cetakan carabikang datar lalu masak hingga matang.
  7. Angkat lalu sajikan di piring saji dan silahkan dinikmati

15 buah hidangan akan tersaji di piring untuk Anda santap bersama keluarga. Dengan tersedianya kopi maupun teh hangat turut mendukung khidmatnya menyantap sajian ini. Namun, kalau Anda ingin menjadikannya sebagai jajanan arisan, tentu harus membuatnya dengan resep bingka dolu gula merah khas NTB dengan jumlah yang cukup banyak. Jadi, sebelumnya Anda diharuskan menyiapkan takaran bahan dan bumbu yang pas.

Baca Juga : Resep Membuat Nasi Pecel Khas Ponorogo
Nah, selesai sudah resep bingka dolu gula merah khas NTB, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda menjadikannya sebagai pengalaman baru membuat kue unik khas Lombok ini. Bagikan resep bingka dolu gula merah khas NTB kepada teman-teman dan tetangga Anda agar mereka juga bisa merasakan kebahagiaan yang Anda terima setelah menyajikannya untuk keluarga. Salam koki dan selamat berkreasi!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D