Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 09 November 2015

Resep Membuat Bonggolan Khas Gresik

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Bonggolan Khas Gresik – Bonggolan merupakan makanan khas Gresik yang memiliki rasa lezat dan gurih. Jika Anda ke Gresik, pasti akan menemukannya dijual di beberapa tempat. Dengan kekhasan rasanya yang tak berubah sampai sekarang, dijamin akan membuat Anda ketagihan mencicipinya. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur tepung terigu serta bahan-bahan lainnya. Cocok sekali jika dicocolkan dalam saus sambal.

Bonggolan juga sangat nikmat jika disantap ketika berkumpul bersama keluarga. Apalagi kalau Anda membuatnya sendiri di rumah dengan resep bonggolan khas Gresik. Cara membuatnya dengan resep tersebut sangat mudah dan bisa Anda terapkan di rumah. Penasaran bagaimana proses pembuatannya? Baca kelanjutan resep di bawah ini.
Bonggolan Khas Gresik
Bonggolan Khas Gresik
Bahan:

  • 1.000 gram tepung tapioka
  • 250 gram tepung terigu
  • 25 gram bawang putih
  • 50 gram garam
  • 25 gram gula pasir
  • Terasi secukupnya

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, silahkan mencampur tepung terigu dan tepung tapioka sampai rata
  2. Ambil seperempat bagian kemudian sisihkan dalam wadah yang berbeda. Biarkan dulu
  3. Tumbuk bawang putih kemudian panaskan minyak untuk menumisnya sampai harum dan cukup matang
  4. Lalu haluskan kembali bawang putih yang sudah Anda tumis bersama terasi, garam dan gula pasir. Aduk-aduk sampai merata
  5. Ambil seperempat bagian tepung dalam wadah tadi dan larutkan bersama 250 ml air sampai rata. Kemudian tambahkan bumbu ke dalamnya.
  6. Aduk-aduk kembali sampai bumbu merata lalu masukkan ke dalam wajan. Panaskan serta aduk-aduk sampai mengental seperti bubur. Angkat lalu letakkan dalam baskom
  7. Tambahkan ¾ tepung yang masih belum diolah tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur rata dan menjadi adonan yang halus serta tidak lengket.
  8. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bonggolan atau seperti silinder. Pipihkan sedikit sesuai selera Anda.
  9. Kalau sudah terbentuk bonggolan semua, silahkan kukus dalam periuk hingga matang dan berwarna bening. Kalau sudah, angkat lalu angin-anginkan kurang lebih setengah hari hingga kenyal atau mudah diiris
  10. Selanjutnya iris bonggolan dengan ketebalan sesuai selera. Angin-anginkan kembali di atas tampah selama satu hari
  11. Berikutnya Anda bisa menjemur bonggolan di bawah sinar matahari hingga kering. Angkat lalu goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan.
  12. Angkat lalu tiriskan dan sajikan di piring saji untuk siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Gulai Kambing, Makanan Khas Pulau Madura
Benar-benar nikmat, bukan hidangan yang terbuat dari resep bonggolan khas Gresik jika disantap bersama saus sambal? Anak-anak Anda pasti suka dengan makanan ini. Juga sudah pasti pas di lidah setiap orang yang mencicipinya. Nah, semoga berhasil dengan hidangan Anda, selamat berkreasi dan berjumpa di resep-resep lain setelah resep bonggolan khas Gresik. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D