Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 04 November 2015

Resep Membuat Ketan Binthul Khas Banyuwangi

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Ketan Binthul Khas Banyuwangi - Ketan binthul merupakan makanan khas Banyuwangi yang bisa Anda temui dengan mudah di pasar tradisional. Makanan yang dibuat dari beras ketan, kacang tolo serta disajikan dengan taburan kelapa parut ini memiliki rasa yang khas. Kalau selama ini Anda hanya menyantap ketan yang diolah secara biasa, berarti Anda belum menemuka ketan binthul ini. Kalau sudah menemukannya, dijamin sarapan pagi Anda akan jauh lebih nikmat. Tapi, selain disantap sebagai hidangan makan pagi, Anda juga bisa memakannya dengan teh hangat ataupun kopi.

Disini sudah dibagikan bagaimana cara membuat ketan binthul dengan mudah. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk membuatnya, walaupun proses perendaman kacang tolo serta pengukusan ketan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Hal itu tentu saja tidak mengganggu Anda mengingat rasanya yang cukup lezat dan juga unik. Jadi, sangat disarankan untuk Anda membuatnya menggunakan resep ketan binthul khas Banyuwangi.

Ketan Binthul Khas Banyuwangi
Ketan Binthul Khas Banyuwangi
Dengan membuatnya menggunakan resep ketan binthuk khas Banyuwangi tersebut, Anda akan dapat menghadirkan olahan ketan dengan tampilan lebih baru dan lebih khas lagi. Silahkan membaca kelanjutan resep ketan binthul khas Banyuwangi di bawah ini agar lebih mengerti kelanjutannya. Pahami supaya tidak mendapatkan kebingungan di tengah-tengah proses pembuatannya, ya!

Bahan:

  • 1.000 gram beras ketan
  • 500 gram kacang tolo
  • 1 buah kelapa, parut dan peras menjadi santan

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih beras ketan dan kemudian kukus selama kurang lebih setengah malam. Sisihkan
  2. Rendam juga kacang tolo selama satu malam agar empuk
  3. Jika beras ketan tadi sudah dikukus lumayan lama, beri santan dan tambah garam secukupnya. Tiriskan
  4. Setelah itu campur dengan kacang tolo dan kukus selama kurang lebih 30 menit
  5. Kalau sudah matang, sajikan di piring yang sudah dialasi daun pisang dan taburi parutan kelapa di atasnya
  6. Ketan binthul khas Banyuwangi siap dinikmati

Ketan binthul dengan rasa yang lezat sudah bisa Anda cicipi sekarang juga. Jikalau Anda masih memasaknya dengan resep ketan binthul khas Banyuwangi, semoga hidangan Anda berhasil dan tersaji dengan istimewa. Agar lebih bikin nyam-nyam lagi adalah dengan menyantapnya bersamadengan kopi. Rasa manis dari ketan ditambah dengan pahitnya kopi memberikan sensasi tersendiri. Baca Juga : Resep Membuat Kue Klepon, Jajanan Manis Penggugah Selera

Buat Anda yang sudah mengolahnya dengan resep ketan binthul khas Banyuwangi, jangan lupa untuk tetap menyimpan panduan tersebut di bookmark Anda. Supaya nanti kalau diperlukan, Anda tidak perlu mencari-carinya lagi. Sebab, mencari resep ketan binthul khas Banyuwangi ini juga lumayan susah. Tetap berkreasi dengan hidangan Anda, tetap semangat untuk berlatih dan menghadirkan sajian istimewa buat keluarga. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana