Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 30 November 2015

Resep Membuat Lapis Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Lapis Khas Kalimantan Selatan – Kue lapis merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki ciri khas. Apa itu? Ciri khas kue lapis adalah kuenya bertumpuk-tumpuk dengan warna yang berbeda. Makanan ini sendiri terbuat dari tepung terigu, santan, gula pasir dan bumbu-bumbu lainnya. Rasa kenyal dan manis yang dihasilkan membuat kue lapis banyak digemari kalangan masyarakat. Anda bisa menjumpainya di seluruh daerah yang ada di Indonesia, tak terkecuali dengan Kalimantan Selatan.

Ya, memang Kalimantan Selatan memiliki kue lapis sebagai salah satu makanan khasnya. Mereka pun mempunya resep lapis khas Kalimantan Selatan yang melegenda sejak dulu. Anda pun bisa mencoba mengolahnya di rumah dengan resep tersebut. Siapa tahu kue lapis buatan Anda digemari anggota keluarga dan cocok disantap ketika waktu santai tiba.
Lapis Khas Kalimantan Selatan
Lapis Khas Kalimantan Selatan

Dengan membuatnya menggunakan resep lapis khas Kalimantan Selatan, Anda tidak perlu takut lagi untuk menyajikan santapan di hari libur. Apalagi untuk anak-anak yang paling suka jajan. Adanya makanan ini membuat mereka stop membeli makanan di luar rumah.

Bahan:

  • ½ kg tepung terigu
  • 3 ons gula pasir
  • 1 ¾ liter santan dari ½ butir kelapa
  • 50 ml air daun suji
  • 2 sendok makan coklat bubuk
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur tepung terigu bersama gula pasir dan garam dalam sebuah wadah. Tuangi santan sedikit demi sedikit sembari tetap mengaduknya
  2. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Untuk yang warna coklat, Anda bisa menambahkan coklat bubuk yang dicairkan.
  3. Warna hijau dengan air daun suji dan putih tanpa campuran apapun
  4. Ambil loyang kue lapis lalu olesi dengan minyak secukupnya serta alasi menggunakan daun pisang, plastik atau kertas roti
  5. Tuang adonan pertama lalu kukus sampai setengah matang. Kalau sudah baru masukkan adonan kedua untuk melapisinya. Kukus kembali hingga setengah matang.
  6. Lakukan langkah tersebut pada adonan terakhir lalu kukus sampai matang dan angkat. Dinginkan
  7. Sajikan kue lapis yang telah dipotongi di piring saji yang siap untuk dinikmati

Anda akan menghasilkan 35 potong kue lapis setelah mengolahnya menggunakan resep kue lapis khas Kalimantan Selatan di atas. Setelah itu, silahkan membagi-bagikan kue tersebut kepada teman, tetangga dan keluarga di rumah. Kalau Anda sudah mahir, ajarkan pada mereka bagaimana cara membuatnya dengan resep lapis khas Kalimantan Selatan yang tentunya sangat mudah. Supaya mereka pun bisa menghadirkannya di rumah!

Baca Juga : Resep Membuat Kue Kikicak Khas Kalimantan Selatan
Selesai sudah resep lapis khas Kalimantan Selatan. Anda bisa membuatnya lagi di lain waktu jika resep tersebut disimpan rapi di bookmark. Selamat berkreasi dan salam koki untuk Anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D