Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 13 November 2015

Resep Membuat Mendol Tempe Khas Malang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Mendol Tempe Khas Malang – Mendol biasa disebut sebagai perkedel oleh beberapa masyarakat. Biasanya makanan ini berbahan dasar tahu dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang khas. Tapi, di Malang Anda bisa menjumpai mendol dengan tampilan berbeda. Mendol tersebut terbuat dari tempe dan sering dijadikan sebagai lauk oleh beberapa masyarakat. Tidak percaya?

Mendol tempe merupakan makanan tradisional yang berasal dari Malang. Makanan tersebut berbahan baku tempe yang diolah bersama bumbu-bumbu khas dari resep mendol tempe khas Malang sehingga tercipta rasa yang khas pula. Rasa makanan ini sangat gurih dan juga nikmat. Bisa Anda jadikan sebagai lauk atau teman makan nasi. Kalau biasanya Anda hanya menemukan mendol tahu, dengan adanya mendol tempe ini bisa dijadikan suatu inovasi yang menarik. Karena mendol tempe sendiri jarang ditemui di daerah lain, jadi kalau mau mencicipinya Anda harus pergi ke Malang.
Mendol Tempe Khas Malang
Mendol Tempe Khas Malang
Namun, jika Anda tidak ingin ribet-ribet pergi ke sana, resep mendol tempe khas Malang sudah tersedia dan akan memandu Anda membuatnya. Caranya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu menyiapkan bahan serta bumbunya, lalu menerapkan apa yang ada dalam langkah-langkah pembuatannya. Coba saja, karena tidak sesulit yang Anda bayangkan. Simak kelanjutan resep mendol tempe khas Malang berikut ini.

Bahan:

  • 350 gram tempe
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • ½ sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh penyedap rasa
  • 3 cm kencur
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 lembar daun jeruk
  • 15 buah cabai rawit

Cara Membuat:

  1. Persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat mendol tempe khas Malang ini.
  2. Ambil tempe tersebut, kemudian tumbuk atau uleg sampai agak halus. Campur dengan bumbu halus dan aduk sampai rata
  3. Kalau sudah halus dan rata, ambil adonannya secukupnya dan bulat-bulatkan menyerupai perkedel. Lakukan langkah ini sampai adonan habis
  4. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng adonan mendol tempe sampai matang. Angkat dan tiriskan
  5. Sajikan mendol tempe di piring saji bersama dengan pelengkap seperti cabai rawit hijau atau sambal bawang

Menikmati mendol tempe tidak usah ribet-ribet. Anda hanya perlu menyiapkan saus dan sambal seperti yang sudah disebutkan di atas. Dengan dimakan secara langsung begitu saja sudah nikmat, apalagi kalau disantap dengan nasi hangat. Lebih-lebih lagi jika Anda membuat sayur bening seperti jangan kelor dan sejenisnya. Semakin mantap pula sajian yang Anda buat dengan resep mendol tempe khas Malang. Baca Juga : Resep Membuat Sego Tempong Khas Gresik

Anda harus menikmatinya bersama keluarga di rumah supaya kebersamaan yang tercipta semakin terasa. Sekian dari resep mendol tempe khas Malang. Selamat berkreasi dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D