Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 01 November 2015

Resep Membuat Orok-Orok Khas Banyuwangi

Advertisement
Advertisement

Resep Orok-Orok Khas Banyuwangi – Kalau Jepara memiliki horok-horok sebagai makanan khasnya, Banyuwangi memiliki orok-orok. Mereka biasa mengejanya dengan orog-orog juga. Makanan ini meskipun sederhana tapi sangat populer di beberapa kalangan. Kalau Jepara menggunakan tepung aren sebagai bahan dasarnya, Banyuwangi justru menggunakan tepung beras. Meskipun begitu, keduanya menikmati kenikmatan yang sama tapi dalam jenis yang berbeda. Anda bisa menikmati makanan tersebut ketika berkunjung ke Banyuwangi karena sangat mudah ditemui. Beberapa penjual kue bahkan menjual orok-orok ini juga. Anda bisa ke pasar tradisional untuk membelinya dengan mudah.

Nah, untuk Anda yang malas berkunjung ke mana-mana, tapi senang dengan dunia Anda sendiri misalkan memasak, silahkan saja membaca resep orok-orok khas Banyuwangi yang satu ini. Panduan atau resep ini akan membawa Anda ke dalam suasana memasak yang tidak ribet serta bisa dibilang sederhana. Mudah sekali memang untuk mengolahnya sendiri, apalagi kalau Anda sudah jago pada bidang membuat kue-kue.
Orok-Orok Khas Banyuwangi
Orok-Orok Khas Banyuwangi
Untuk membuatnya dengan resep orok-orok khas Banyuwangi, Anda bisa membacanya terlebih dahulu supaya lebih mudah dan tidak menemukan kesulitan yang berarti.

Bahan:

  • Tepung beras secukupnya
  • Gula Jawa secukupnya
  • Kelapa secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sebelum membuat orok-orok, Anda harus mempersiapkan alat seperti pemarut kelapa dan pengukus.
  2. Setelah itu baru mengambil tepung beras untuk dikukus selama kurang lebih seperempat jam. Angkat dan kemudian biarkan selama 24 jam atau satu hari
  3. Sesudahnya, kukus kembali selama seperempat jam juga. Angkat dan dinginkan selama beberapa saat.
  4. Siapkan kelapa untuk diparut secukupnya. Lalu Anda harus menyisir atau mengiris gula Jawa.
  5. Ambil piring dan sajikan orok-orok khas Banyuwangi bersama parutan kelapa serta gula Jawa yang sudah disisir tadi
  6. Orok-orok siap dinikmati.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Jepara juga memiliki hidangan yang kurang lebih sama, yaitu horok-horok. Namun, kalau di Jepara horok-horok tersebut disantap bersama sate kikil, nasi pecel serta bakso. Tapi, kalau Anda ingin menyantapnya sebagai camilan juga tidak apa-apa. Rasanya tetap enak dan tidak akan mengurangi kekhasan rasanya asalkan dimasak menggunakan resep orok-orok khas Banyuwangi. Kalau keluarga Anda sedang mencari camilan, Anda jadi tidak perlu membelinya di toko. Karena membuatnya dengan resep orok-orok khas Banyuwangi lebih mudah dari yang dibayangkan. Baca Juga : Resep Membuat Bungkuk Khas Banyuwangi

Susah atau tidaknya memasak itu Anda sendiri yang menentukan. Yang paling simple adalah, jangan membuat susah semuanya. Biarkan Anda mengikuti langkah-langkah sederhana dengan baik. Lalu mulai memasak dengan ceria. Nah, selamat menikmati hidangan yang Anda buat dengan resep orok-orok khas Banyuwangi. Semoga makanan tersebut tidak mengecewakan hasilnya untuk Anda. Semoga sukses dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D