Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 21 November 2015

Resep Membuat Plecing Ayam Khas NTB

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Plecing Ayam Khas NTB – Nusa Tenggara Barat merupakan provinsi yang memiliki kekayaan wisata alamnya. Tapi, sebenarnya jika Anda lebih mendalami, ternyata provinsi ini juga memiliki kuliner yang beragam. Ayam bakar taliwang menjadi salah satu kuliner yang paling terkenal dan banyak penggemarnya. Sajian yang biasa digunakan sebagai lauk menyantap nasi di siang hari ini dapat Anda temukan dengan mudah di rumah makan yang ada di sana. Bahkan, beberapa tempat wisata juga sudah menyediakan rumah makan yang menjualnya.

Namun, kalau dibilang beragam pasti tidak hanya ayam bakar taliwang saja yang menjadi kuliner khasnya. Salah satu yang memiliki kekhasan rasa yang hampir sama dengan hidangan tersebut adalah plecing ayam. Plecing ayam adalah hidangan berbahan dasar ayam kampung yang diolah bersama bumbu dan rempah khas sehingga menghasilkan sajian yang istimewa. Kalau dari tampilan, hampir sama dengan ayam bakar pada umumnya. Tapi, rasanya tentu saja berbeda, apalagi kalau diolah dengan resep plecing ayam khas NTB.
Plecing Ayam Khas NTB
Plecing Ayam Khas NTB
Nah, bagi Anda yang mencintai dunia memasak, kenapa tidak membuatnya di rumah sebagai eksperimen? Siapa tahu keluarga Anda menyukainya! Anda bisa memakai resep plecing ayam khas NTB yang sangat mudah diterapkan ini untuk langkah awalnya. Perhatikan baik-baik bahan dan bumbu serta langkah-langkah pembuatannya!

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
Bumbu Halus:
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh terasi, goreng
  • 2 sendok teh garam
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit merah

Cara Membuat:

  1. Pertama, buang kotoran yang ada di dalam perut ayam kampung tersebut lalu cuci sampai bersih. Tiriskan dan belah dada ayam tersebut, jangan sampai putus. Tekan punggungnya hingga terbuka
  2. Kedua, rendam dalam campuran air perasan jeruk nipis dengan bumbu halus selama kurang lebih 2 jam
  3. Angkat lalu bakar di atas bara api sembari dibolak-balik dan sesekali diolesi sisa bumbunya sampai harum serta matang merata
  4. Angkat dan sajikan di piring saji bersama lalapan serta sambal terasi
  5. Hidangan plecing ayam siap dinikmati

Kuliner khas NTB ini bisa Anda santap bersama 5 orang lainnya dalam satu meja. Karena dibuat dengan resep plecing ayam khas NTB, sudah tentu kekhasan rasanya tidak bakal berubah. Jadi, Anda bisa menyantapnya dengan aman bersama mereka. Jangan lupa menyediakan nasi putih, lalapan dan juga sambal terasi serta kerupuk agar lebih sedap lagi.
Baca Juga : Resep Membuat Ayam Bakar Taliwang Khas NTB

Tunggu resep-resep selanjutnya setelah resep plecing ayam khas NTB. Salam koki dan selamat berkreasi!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D