Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 30 November 2015

Resep Membuat Putu Mayang Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Putu Mayang Khas Kalimantan Selatan – Indonesia kaya akan kuliner sehat dan nikmat. Berbagai makanan tradisional yang sudah ada sejak dulu juga masih dipertahankan oleh beberapa daerah. Bahkan hampir semua daerah di Indonesia masih memiliki kuliner yang telah ada sejak jaman nenek moyang. Beberapa kue tersebut seperti gethuk, grontol, cenil, klepon dan lain sebagainya. Tidak terkecuali dengan Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang juga menghadirkan putu mayang sebagai salah satu kuliner andalan.

Makanan yang terbuat dari resep putu mayang khas Kalimantan Selatan ini memang telah cukup lama ada dan sampai sekarang juga banyak diminati berbagai kalangan. Bila Anda penasaran, putu mayang ini memiliki bentuk seperti mie yang disatukan dan dibuat bulatan atau bentuk sekenanya. Makanan ini kemudian disantap bersama saus santan dan gula merah yang tentu saja membuat rasanya semakin manis dan nikmat.
Putu Mayang Khas Kalimantan Selatan
Putu Mayang Khas Kalimantan Selatan
Bila Anda ingin membuatnya di rumah, resep putu mayang khas Kalimantan Selatan telah tersedia sebagai pemandunya. Anda tinggal membaca keseluruhan isi resep tersebut, kemudian menyiapkan bahan dan menerapkan langkah-langkah yang ada. Setelah itu, putu mayang khas Kalimantan Selatan bisa Anda sajikan di meja makan untuk dinikmati bersama keluarga. Simak kelanjutan panduannya di bawah ini!

Bahan:

  • 3 ¾ ons tepung beras
  • 2 ¼ gelas air hangat
  • 2 ons gula merah
  • 1 liter santan dari ½ butir kelapa
  • ½ sendok makan garam

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat putu mayang khas Kalimantan Selatan
  2. Setelah itu Anda bisa mengukus tepung dan mengangkatnya. Campur tepung kukus tersebut bersama air hangat.
  3. Uleni tepung dan air hangat sampai kalis dan bisa dibentuk. Lalu masukkan dalam cetakan putu matang
  4. Tekan sampai menjadi adonan yang panjang. Lakukan langkah ini sampai adonan habis lalu kukus sampai matang
  5. Kalau sudah, Anda bisa mengangkat dan menyisihkannya dulu untuk merebus santan, garam dan gula merah sampai mendidih
  6. Angkat dan sajikan putu mayang di piring saji bersama siraman kuah santan gula tersebut. Putu mayang siap dinikmati

Kue ini memang memiliki rasa yang manis dan gurih, karena disantap menggunakan kuah atau saus dari campuran santan dan gula merah. Rasa yang tercipta tersebut tentu saja hasil perpaduan bahan dan bumbu dari resep putu mayang khas Kalimantan Selatan. Dijamin Anda tidak akan rugi setelah menghidangkannya untuk keluarga sebagai makanan penutup. Baca Juga : Resep Membuat Kue Cucur Khas Kalimantan Selatan

Nah, bila Anda tetap ingin mencicipi makanan ini di lain kesempatan, silahkan menyimpan resep putu mayang khas Kalimantan Selatan di bookmark dan terus berkreasi dengan masakan apapun. Selamat memasak dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D