Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 02 November 2015

Resep Membuat Tempe Gembos Goreng Khas Banyuwangi

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Tempe Gembos Goreng Khas Banyuwangi – Tempe gembos memiliki tekstur yang berbeda dari tempe pada umumnya. Meskipun sebagian orang tidak menyukai tempe ini, namun kalau diolah dengan resep tempe gembos goreng khas Banyuwangi siapa yang tidak akan doyan? Makanan ini merupakan khas Banyuwangi yang bisa Anda jumpai di gerobak gorengan yang berjajar di pinggir jalan.

Kalau Anda ingin membuatnya, silahkan baca resep tempe gembos goreng khas Banyuwangi. Disitu Anda akan diberitahu cara membuat olahan ini dengan mudah tanpa mengurangi kekhasan rasanya. Penasaran? Baca saja panduan ini sampai selesai untuk mengetahui lebih lanjut.
Tempe Gembos Goreng Khas Banyuwangi
Tempe Gembos Goreng Khas Banyuwangi
Bahan:

  • ¼ kg tempe gembos, belah menjadi dua
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Larutan:

  • ¼ liter air
  • 200 gram tepung terigu dengan protein sedang
  • ¼ ons tepung beras
  • 5 buah cabai rawit merah, iris menyerong
  • 2 batang daun bawang, iris halus

Bumbu Halus:

  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 ¾ sendok teh garam
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 3 siung bawang putih

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan semua bahan yang diperlukan, pertama-tama Anda harus menyiapkan larutan garam sebagai pencelup tempe gembos yang telah dibelah menjadi dua bagian tadi.
  2. Celupkan satu persatu tempe gembos ke dalam larutan itu hingga semua mendapat giliran. Lalu diamkan selama beberapa saat.
  3. Buat larutan tepungnya dengan mengaduk rata semua bumbu halus bersama tepung beras dan tepung terigu. Beri air secukupnya sambil tetap diaduk
  4. Berikutnya tambahkan cabai rawit merah yang sudah diiris menyerong beserta irisan halus daun bawang. Aduk-aduk sampai rata kembali
  5. Celupkan tempe gembos yang sudah tergarami ke dalam larutan tersebut. Beberapa saja dulu, bergantian sambil memanaskan minyak
  6. Kalau minyak sudah panas, Anda bisa mencelupkan tempe gembos larutan tepung ke dalamnya dan goreng sampai kering serta matang. Angkat dan tiriskan
  7. Goreng semua tempe yang sudah diberi tepung tanpa terkecuali.
  8. Lalu sajikan di piring saji bersama cabai hijau yang siap dinikmati

Sajian dari resep tempe gembos goreng khas Banyuwangi ini cocok dinikmati ketika masih hangat atau keluar dari penggorengan. Kenapa demikian? Karena pada saat itu renyahnya tepung masih sangat terasa. Anda tidak akan kehilangan kriyuk rasanya. Jika ditambah cabai hijau akan semakin nikmat. Bahkan, Anda bisa menjadikan tempe gembos goreng ini sebagai lauk atau teman makan nasi bersama dengan sayur lodeh atau sayur tertentu.

Baca Juga : Resep Membuat Otak-Otak Bandeng Khas Sidoarjo
Untuk Anda yang sedang memasak melalui resep tempe gembos goreng khas Banyuwangi, selamat berkreasi dan melakukan apa yang Anda inginkan di dapur. Salam koki juga buat Anda yang mencintai dunia memasak!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D