Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 27 Desember 2015

Resep Membuat Brem Khas Madiun

Advertisement
Advertisement

Resep Brem Khas Madiun – Brem. Makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Makanan yang berbentuk kotak padat ini merupakan kuliner tradisional khas Indonesia yang menggunakan sari ketan sebagai bahan utama pembuatannya. Madiun dan Wonogiri merupakan dua kota di Indonesia yang menghasilkan makanan ini. Hanya saja, brem Madiun berwarna kekuningan serta berbentuk lempeng, sedangkan brem Wonogiri berbentuk bundar serta pipih. Rasa keduanya sama-sama enak dan cocok untuk camilan di saat santai.

Ada juga brem cair, yang bisa Anda temukan di Bali serta Nusa Tenggara. Namun, brem tersebut dibuat dengan fermentasi ketan putih atau ketan hitam. Biasanya digunakan oleh umat Hindu untuk pelengkap upacara keagamaan. Tapi, kali ini kami akan membahas resep brem khas Madiun dan menunjukkan pada Anda bagaimana kuliner itu bisa didapat dan dicicipi!

Brem Khas Madiun
Brem Khas Madiun
Jika Anda berkunjung ke Madiun, pasti akan sangat mudah menemukan makanan yang terbuat dari resep brem khas Madiun ini di toko oleh-oleh khas. Harganya yang terjangkau juga sesuai dengan isi kantong. Pastinya Anda tidak akan kecewa ketika sudah membelinya untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Namun, ada solusi bagi Anda yang tidak ingin jauh-jauh membeli ke kota asalnya. Apa itu?

Caranya adalah dengan membuat makanan ini menggunakan resep brem khas Madiun yang terkenal itu. Hanya saja, untuk membuatnya Anda perlu kesabaran. Namun, sebenarnya bahan dan bumbu yang diperlukan tidak terlalu sulit untuk didapat. Bila Anda benar-benar ingin mengolahnya, gunakan resep brem khas Madiun. Maka kelezatan brem akan langsung bisa Anda rasakan saat itu juga bersama keluarga. Bisa membayangkan, bukan lumernya di mulut ketika Anda menggigitnya?

Bahan:

  • Beras ketan secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama, Anda bisa mencuci beras ketan hingga bersih lalu rendam.
  2. Angkat kemudian Anda bisa mengukusnya selama kurang lebih satu jam
  3. Setelah itu, fermentasi atau proses peragian selama tujuh hari.
  4. Kemudian selanjutnya merupakan proses pengepresan atau pemekatan untuk mendapatkan sari tape
  5. Kalau sudah, aduk-aduk supaya mendapatkan kristal yang akan membentuk brem tersebut
  6. Brem Madiun yang sudah jadi siap dinikmati

Itulah akhir dari resep brem khas Madiun. Perlu Anda ketahui, bahwa brem memiliki banyak manfaat seperti kandungannya baik untuk kulit dan bisa mengurangi jerawat. Hanya saja, mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada jantung karena mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Untuk itu, mengkonsumsi makanan apapun harus ada aturannya. Supaya bisa menyehatkan diri Anda sendiri.
Baca Juga : Resep Membuat Sambal Pakasam Sapat Khas Kalimantan Selatan

Nah, semoga resep brem khas Madiun di atas membantu Anda menghasilkan makanan yang sesuai keinginan. Jadi, Anda bisa menyantapnya ketika sedang berkumpul bersama keluarga. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana