Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 31 Desember 2015

Resep Membuat Dodol Amurang Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Dodol Amurang Khas Sulawesi Utara – Dodol adalah makanan khas Indonesia yang lumayan terkenal. Beberapa daerah menghasilkan makanan ini dan menjadikannya sebagai kuliner khas. Salah satu daerah penghasil dodol adalah Garut. Rasa dodol Garut sendiri kenyal dan manis sehingga mudah disantap oleh siapa saja. Namun, selain Garut ternyata masih ada juga kota yang menjadikan dodol sebagai jajanan tradisional khasnya!

Dodol amurang juga biasa disebut sebagai dodol kenari. Makanan ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Rasanya seperti dodol pada umumnya, namun yang membuat lengkap adalah adanya taburan kenari di atasnya. Kenyal, legit dan manis adalah ciri-ciri dodol amurang ini. Adanya taburan kenari memberikan aroma khas pada sajiannya. Apalagi masyarakat Minahasa masih menggunakan resep dodol amurang khas Sulawesi Utara untuk membuatnya.

Dodol Amurang Khas Sulawesi Utara
Dodol Amurang Khas Sulawesi Utara
Kalau Anda tidak ingin ketinggalan dengan yang lainnya, silahkan membeli jajanan ini di toko-toko oleh-oleh yang ada di Manado. Dengan mudah Anda akan mendapatkan makanan ini untuk disantap bersama ketika sudah berada di rumah. Borong saja supaya semua kebagian. Namun, ada cara untuk merasakan makanan dengan resep dodol amurang khas Sulawesi Utara tanpa harus mengunjungi kota asalnya.

Ya, dengan membuatnya di rumah menggunakan resep dodol amurang khas Sulawesi Utara tersebut. Anda bisa menyajikannya untuk keperluan acara-acara penting, hari raya maupun sekedar dijadikan camilan keluarga. Perhatikan keseluruhan isi resep, baru Anda bisa langsung menyiapkan bahan-bahan dan membuatnya.

Bahan:

  • 1.000 gram tepung ketan putih
  • 6 ½ ons gula merah
  • ir secukupnya
  • Daun pisang atau kertas secukupnya

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk mengolahnya, Anda bisa merebus gula merah bersama air secukupnya hingga larut dan mendidih.
  2. Sesudah itu, biarkan selama beberapa menit hingga hangat. Sementara itu, Anda bisa menyiapkan wadah untuk menaruh tepung ketan putih
  3. Uleni tepung ketan putih tersebut bersama setengah air rebusan gula tadi. Tuangkan sedikit demi sedikit hingga adonan bisa cukup dibentuk
  4. Tuangkan lagi sisanya kemudian uleni sampai tercampur rata. Kalau sudah, siapkan daun pisang untuk membungkus adonan tersebut
  5. Kukus adonan yang telah dibungkus menggunakan api besar hingga matang, kira-kira sekitar 4 jam
  6. Angkat lalu sajikan dodol amurang dalam wadah atau keranjang untuk segera dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Paliat Khas Kalimantan Selatan
Setelah Anda menghidangkannya dengan resep dodol amurang khas Sulawesi Utara, Anda akan langsung bisa menyantapnya bersama keluarga. Potong-potong sesuai selera lalu hidangkan di piring saji. Anda juga bisa membungkusnya dengan plastik supaya tahan lama. Sedikit tips, pada saat proses pengulenan Anda harus melakukannya dengan baik supaya tekstur yang dihasilkan lebih menarik. Semoga saja olahan dodol buatan Anda tidak mengecewakan. Selamat mencoba dan menikmatinya. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana