Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 Desember 2015

Resep Membuat Garih Batanak Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Garih Batanak Khas Kalimantan Selatan – Garih batanak merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang menggunakan ikan garih sejenis haruan sebagai bahan utamanya. Tak jarang dari masyarakat di sana yang menggunakan ikan gabus sebagai gantinya, karena mudah didapat di pasar. Ikan tersebut kemudian diolah bersama bahan-bahan seperti belimbing wuluh dan santan kelapa serta bumbu-bumbu lainnya yang semakin menguatkan rasa.

Jika ditanya bagaimana rasanya, sudah pasti jawabannya adalah enak dan gurih. Kuahnya juga nikmat bila dipadukan dengan nasi putih yang masih hangat. Dengan masakan dari resep garih batanak khas Kalimantan Selatan ini, Anda tidak perlu khawatir dengan menu makan siang besok. Makanan tersebut akan senantiasa hadir di tengah-tengah keluarga Anda mulai saat ini.
Garih Batanak Khas Kalimantan Selatan
Garih Batanak Khas Kalimantan Selatan
Jadi Anda harus memulainya dengan membuat olahan tersebut menggunakan resep garih batanak khas Kalimantan Selatan. Proses pembuatannya sangat mudah bila Anda menyiapkan bahan dan bumbu yang diperlukan dengan cermat dan menerapkan langkah-langkah yang ada secara baik!

Bahan:

  • Ikan garih jenis haruan atau ikan gabus secukupnya
  • Santan secukupnya
  • Bawang merah secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Kemiri secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Cabai hijau secukupnya
  • Cabai merah secukupnya
  • Belimbing wuluh secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air asam Jawa secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat garih batanak. Setelah itu Anda bisa menyiapkan ikan gabus atau ikan garih untuk dibersihkan dan dipotongi menjadi beberapa bagian
  2. Cuci sampai bersih lalu rendam dengan air panas secukupnya untuk mengurangi kadar rasa asin. Tiriskan
  3. Tambahkan air asam Jawa lalu aduk sampai rata dan sisihkan sebentar untuk menghaluskan bawang putih, kemiri dan lada
  4. Iris halus bawang merah, cabai hijau, cabai merah serta belimbing wuluh. Sisihkan sebentar
  5. Rebus santan setengah kental sampai mendidih lalu masukkan bumbu halus, cabai, irisan bawang, penyedap rasa dan garam secukupnya
  6. Masak sampai mendidih kembali lalu masukkan ikan garih dan masak sampai matang. Masukkan irisan belimbing wuluh saat akan diangkat.
  7. Aduk-aduk sampai rata beberapa saat lalu matikan kompor dan sajikan di mangkuk saji.

Itu tadi resep garih batanak khas Kalimantan Selatan yang bisa Anda hidangkan hasilnya di meja makan. Sedikit tips untuk Anda yang ingin berkreasi dengan bahan lain, bisa mengganti ikan garih dengan telur atau okan asin kepala telang. Itu juga bila Anda menemukannya! Jika tidak ada, gunakan saja ikan sejenisnya.

Baca Juga : Resep Membuat Gangan Nangka Khas Kalimantan Selatan
Terima kasih telah membaca resep garih batanak khas Kalimantan Selatan. Semoga hidangan Anda tersaji dengan istimewa. Selamat memasak dan sampai jumpa di resep-resep berikutnya. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D