Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 Desember 2015

Resep Membuat Kelakai Batumis Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Kelakai Batumis Khas Kalimantan Selatan – Kelakai adalah tumbuhan liar yang sudah sejak lama dijadikan sayuran bagi masyarakat Kalimantan. Tanaman sejenis paku-pakuan ini tumbuh di lahan bergambut yang bisa Anda jumpai di Kabupaten Kapuas dan Kalimantan Tengah. Sudah sejak lama pula masyarakat Banjar atau Kalimantan Selatan menggunakannya sebagai salah satu hidangan khas untuk makan siang mereka. Apakah hidangan khas yang istimewa itu?

Adalah kelakai batumis atau tumis kelakai yang bisa Anda cicipi ketika berkunjung ke sana. Makanan tersebut berbahan dasar pucuk atau daun kelakai yang masih muda. Bahan tersebut kemudian diolah dengan aneka rempah yang memberikan rasa khas dan nikmat pada hidangannya. Bila Anda sudah penasaran dengan rasanya, bisa membaca isi resep kelakai batumis khas Kalimantan Selatan ini lebih lanjut.
Kelakai Batumis Khas Kalimantan Selatan
Kelakai Batumis Khas Kalimantan Selatan
Anda bisa membuatnya di rumah dengan resep tersebut. Proses pengolahannya sangat mudah dan cepat. Bila Anda telaten, kemungkinan hanya dalam beberapa menit saja hidangan dengan resep kelakai batumis khas Kalimantan Selatan ini jadi dan bisa segera disantap. Maka dari itu, perhatikan dan simak keseluruhan isi resep lalu praktekkan di rumah Anda.

Bahan:

  • Pucuk kelakai atau daun yang masih muda

Bumbu:

  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Bawang merah secukupnya

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, Anda bisa membersihkan kelakai dan ambil daun yang masih muda. Cuci bersih lalu sisihkan dulu
  2. Kupas bawang putih dan bawang merah, lalu iris tipis-tipis dan panaskan minyak untuk menumisnya hingga harum
  3. Kemudian Anda bisa memasukkan daun kelakai yang sudah bersih bersama dengan garam dan gula secukupnya
  4. Masak campuran tersebut sembari diaduk-aduk hingga matang. Angkat lalu sajikan di piring saji dan siap dinikmati

Mudah sekali, bukan membuatnya di rumah dengan resep kelakai batumis khas Kalimantan Selatan? Anda tidak perlu lama-lama mengolahnya, karena hanya beberapa step saja yang perlu dilakukan. Memasaknya juga tidak terlalu ribet, yakni hanya menumis bumbu dan memasukkan daun kelakai ke dalamnya. Diaduk-aduk sebentar lalu tunggu sampai matang. Setelah itu Anda bisa menyajikannya di piring saji untuk disantap saat itu juga.

Baca Juga : Resep Membuat Gangan Rebung Khas Kalimantan Selatan
Hanya dengan nasi putih yang masih hangat ditemani kerupuk renyah dan sambal seadanya, makanan dengan resep kelakai batumis khas Kalimantan Selatan akan terasa lengkap dan nikmat. Kalau Anda sudah merasakan betapa nikmatnya hidangan ini, silahkan membagikan resepnya untuk teman-teman dan tetangga yang kesulitan mencari alternatif menu makan siang untuk keluarga. Dengan begitu, Anda bisa membahagiakan beberapa keluarga dan berbagi pengalaman dengan mereka. Selamat berkreasi dengan sajian Anda dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D