Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 04 Desember 2015

Resep Membuat Luncar Kaladi Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Luncar Kaladi Khas Kalimantan Selatan – Sulur atau luncar kaladi merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang melegenda. Makanan ini terbuat dari sulur kaladi yang kemudian dimasak bersama asam kamal, kemiri, laos dan bumbu serta rempah lainnya yang membuat kekhasan rasanya makin tercipta. Air asam kamal yang digunakan untuk menghilangkan rasa gatal yang timbul saat Anda menyantap luncar kaladi itu sendiri. Yang pasti, setelah mencampur semua bumbunya olahan tersebut ditumis lalu disajikan di piring saji untuk segera dinikmati.

Bila Anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa mencicipi kekhasan rasanya. Masyarakat sekitar biasa menggunakan resep luncar kaladi khas Kalimantan Selatan untuk membuatnya di rumah. Mereka yakin, dengan resep dan panduan tersebut hidangan yang dihasilkan semakin istimewa dan tentu saja tidak akan hilang kekhasan rasanya. Jadi, Anda tidak akan rugi kalau menikmatinya di sana sembari berwisata dan mengagumi pemandangan yang ada.
Luncar Kaladi Khas Kalimantan Selatan
Luncar Kaladi Khas Kalimantan Selatan
Tapi, bila ke Banjarmasin dirasa kejauhan, Anda bisa menggunakan resep luncar kaladi khas Kalimantan Selatan untuk membuatnya di rumah. Sangat sederhana, kok proses pembuatannya. Bahan-bahan yang digunakan juga merupakan bumbu dapur biasa yang pastinya tidak sulit didapat. Silahkan membaca keseluruhan isi resep luncar kaladi khas Kalimantan Selatan kemudian mengikuti langkah-langkah di dalamnya untuk mengolahnya.

Bahan:

  • Sulur kaladi secukupnya
  • Air asam kamal secukupnya
  • Kemiri secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Bawang merah secukupnya
  • Kunyit secukupnya
  • Laos secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Serai secukupnya
  • Terasi secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah membersihkan sulur kaladi lalu memasaknya dengan air asam kamal hingga layu. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal saat memakannya
  2. Kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, laos, terasi, garam dan serai
  3. Setelah itu Anda bisa menyisihkan dulu untuk membuang air asam untuk memasak sulur tadi ketika sulur sudah layu
  4. Selanjutnya adalah memanaskan minyak secukupnya untuk menumis bumbu halus tadi sampai harum.
  5. Masukkan sulur yang telah Anda masak lalu oseng hingga rata. Angkat lalu sajikan di mangkuk saji
  6. Hidangan luncar kaladi siap dinikmati

Kalau sudah jadi, Anda bisa langsung menikmati hidangan dari resep luncar kaladi khas Kalimantan Selatan ini. Bisa dimakan tanpa nasi, atau menggunakan nasi. Tetap sedap bagaimanapun cara menyantapnya. Yang terpenting adalah Anda menggunakan resep luncar kaladi khas Kalimantan Selatan sebagai pemandu proses pembuatannya.

Baca Juga : Resep Membuat Gangan Keladi Khas Kalimantan Selatan
Simpan saja resep tersebut, siapa tahu lain kali Anda membutuhkannya. Sebab, hanya resep luncar kaladi khas Kalimantan Selatan saja yang mampu menyajikan hidangan tersebut hanya dalam beberapa menit untuk santapan keluarga. Selamat memasak dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D